Studi Korelasi Antara Arus, Kecepatan, dan Kepadatan Lalu Lintas di Jalan Pemuda km. 3 Kolaka

Authors

  • Fathur Rahman Rustan Prodi Teknik Sipil,Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Sulawesi Tenggara, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-7329-6450
  • Haerul Purnama Prodi Teknik Sipil,Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Hesti Fatmasari Prodi Teknik Sipil,Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Sulawesi Tenggara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56444/jts.v17i2.2227

Keywords:

Traffic flow, Vehicle speed, Traffic density

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara arus, kecepatan, dan kepadatan lalu lintas di Jalan Pemuda km. 3, Kolaka. Data diperoleh melalui survei langsung dengan metode pengamatan lapangan dan perekaman video selama jam sibuk. Analisis dilakukan menggunakan pendekatan matematis dan statistik untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara arus, kecepatan, dan kepadatan lalu lintas. Arus lalu lintas meningkat seiring dengan peningkatan kepadatan, tetapi cenderung menurun pada tingkat kepadatan yang sangat tinggi. Kecepatan menunjukkan hubungan negatif dengan kepadatan, di mana semakin tinggi kepadatan, semakin rendah kecepatan rata-rata kendaraan. Temuan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan model pengelolaan lalu lintas di kawasan tersebut, guna meningkatkan efisiensi dan mengurangi kemacetan. Studi ini juga merekomendasikan penerapan manajemen waktu dan rekayasa lalu lintas untuk mengoptimalkan kapasitas jalan.

References

Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Pembinaan Jalan Kota, 1990, Panduan Suvey Dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas No.001/T/BNKT/1990.

Khisty, C. J. & Lall, B. K. (2005). Dasar-dasar Rekayasa Transportasi. Jilid I Jakarta: Penerbit Erlangga.

Direktorat Jendral Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Bina Karya.

Gallant S., Lintong E. (2005). Pengertian Jalan Raya, Jurnal Teknik Sipil, Jakarta.

Gusnanda. (2018). Analisa Karakteristik Aliran Lalu Lintas Jalan Kaharudin Nasution Marpoyan Pekanbaru, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Khisty, C. J & Lall, B. K. (2005). Pengertian Arus Lalu Lintas, Jakarta.

Zulrehansyah, M, (2021). Analisa Hubungan Volume, Kecepatan dan Kepadatan Lalu Lintas Dengan Menggunakan Metode Greenshield Dan Greenberg. Jurnal Teknik Sipil Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Ririn Gamran, Freddy Jansen, M. J. Paransa, 2015, Analisa Perbandingan Perhitungan Kapasitas Menggunakan Metode Greenshiel, Greenberd Dan Underwood Terhadap Peehitungan Kapasitas Menggunakan Metode MKJI 1997, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Tamim O. Z. (1991). Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Lalu Lintas, Jurnal Teknik Sipil, Insitusi Teknologi Bandung.

Yandriman, Fahmi Dkk (2015). Analisa Karakteristik Arus Lalu Lintas Dengan Perbandingan Model Greenshield Dan Greenberg Di Ruas Jalan Riau Pekanbaru. Jurnal Teknik Sipil Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Rustan, F. R., Purnama, H., & Fatmasari, H. (2024). Studi Korelasi Antara Arus, Kecepatan, dan Kepadatan Lalu Lintas di Jalan Pemuda km. 3 Kolaka. Jurnal Teknik Sipil, 17(2), 153–161. https://doi.org/10.56444/jts.v17i2.2227