ISLAM DAN PERADABAN MELAYU

Authors

  • Putri Mira Relidja Universitas Sultan Taha Syaifuddin Jambi
  • Khalil Saddam Universitas Sultan Taha Syaifuddin Jambi
  • Syamsiah Syamsiah Universitas Sultan Taha Syaifuddin Jambi

Keywords:

Islam Melayu, Pengaruh Islam, Peradaban Islam

Abstract

Islam peradaban melayu apapun bentuknya menjadi (manifestasi) iman dan amal saleh manusia dalam pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa. Islam peradaban dalam menegakkan tidak hanya memandang satu sisi kehidupan dunia saja dengan budaya yang kaya untuk memajukan pencapaian peradaban, tapi juga memperhatikan prinsip mengejar kebahagiaan, oleh memberikan cara pengajaran moral dan kehidupan sipil yang dalam pandangan keanekaragaman dunia. Dalam pembentukan dan pengembangan, Islam peradaban melayu tidak dapat dipisahkan dari dasar-dasar keislaman petunjuk peradaban, yaitu: pertama, Al-Qur'an dan As-Sunnah, kedua, ummat Islam dan ketiga, Pembuka jalan menuju peradaban melayu. Selain itu, peradaban Islam memiliki ciri-ciri tertentu, sifat dan karakteristik yang berbeda dengan peradaban lain. Karakteristik ini, yaitu universalitas, tauhid, seimbang dan moderat, dan sentuhan karakter. Dengan karakteristik Islami tersebut islam peradaban melayu dapat diterima di berbagai belahan dunia. Artikel ini akan menjelaskan proses masuk dan menyebarnya peradaban Islam ke Dunia Melayu, yaitu melalui proses perdagangan, perkawinan, politik dan lain-lain. Kedatangan Islam kepada hakikat dan peran Islam peradaban akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap perkembangan dan kemajuan dunia Melayu baik dalam bidang Aqidah, Hukum, pemerintahan, ekonomi, bahasa dan sastra, seni dan arsitektur.

 

 

References

Attas, Syed Muhammmad Naquib. 1984. Islam dalam Sejarah dan kebudayaan Melayu. Jakarta: Mizan.

Asmah Hj.Omar. 1985. Susur Galur Bahasa Melayu. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Dudung Abdurrahman. 2003. Sejarah Peradaban Islam Dari Masa Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: Lesfi Yogyakarta.

Hadi W. M. Abdul. 2000. Tasawuf Yang Tertindas: Kajian Hermeneutik Terhadap Karya-karya Hamzah Fansur. Jakarta: Paramadina.

Hitti, Philip K. 2010. History Of The Arabs. Terjemahan Cecep Lukman Yasindan Dedi Slamet Riyadi. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta. Hussein, Ismail.1995.

Tamadun Melayu Jilid Tiga. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Ibrahim, Qosim A dan Muhammad A. Saleh. T.T. Sejarah Islam: Jejak Langkah Peradaban Islam dari Masa Nabi hingga Masa kini. T.K: Zaman.

Karim, M. Abdul 2007. Sejarah Pemikiran dan Peradilan Islam. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Kontowidjoyo. 1993. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Putri Mira Relidja, Khalil Saddam, & Syamsiah Syamsiah. (2023). ISLAM DAN PERADABAN MELAYU. Jurnal Politik Hukum, 1(1), 52–69. Retrieved from https://jurnal2.untagsmg.ac.id/index.php/jph/article/view/408

Most read articles by the same author(s)