Dampak Online Fresh Product Delivery Service dan Pakaging Produk selama Pandemi COVID-19 Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi pada Transmart Setiabudi Semarang)
DOI:
https://doi.org/10.56444/jitpm.v2i2.983Keywords:
Online Fresh Product Delivery Service, Product Packaging, Loyalty Konsumen, Cosument SanctificationAbstract
Saat ini, dengan munculnya e-commerce di Indonesia, orang hanya tinggal di rumah, membeli barang secara online dan mengirimkannya langsung ke rumah. Semua dapat dilakukan dengan beberapa klik atau ketukan. Dengan mempertimbangkan kemudahan ini, minat belanja online semakin meningkat. E-commerce di Indonesia tumbuh signifikan sejak beberapa tahun terakhir. Dalam survei terbaru yang dilakukan oleh Barometer Konsumen Google bersama toko online Elevenia, Jumlah transaksi online di Indonesia meningkat, 78% responden berbelanja online melalui gadget seluler. di Indonesia mencatat 41% penjualannya berasal dari Jakarta, namun enam bulan kemudian angka ini turun menjadi 22%. Hal ini menunjukkan bahwa tidak hanya konsumen di Jakarta yang rutin berbelanja online, konsumen di luar Jakarta juga memberikan kontribusinya terhadap pasar e-commerce di Indonesia, termasuk masyarakat di kota Semarang. Dengan semakin merabahnya perkembangan industri e-commerce Transmart berinovasi dengan meluncurkan Transmart Home Dilevery (THD) diharap mampu membantu memenuhi kebutuhan harian masyarakat terutama produk fresh food namun tetap meminimalisir penyebaran virus corona (Covid-19). Dengan semakin maraknya perkembangan perbelanjaan online Transmart hadir dengan memberikan pelayanan yang aman, praktis dan juga nyaman bagi pelanggan.
Riset yang dilakukan oleh Association of E-commerce Indonesia (IDEA), Google Indonesia, dan TNS (Taylor Nelson Sofres) menemukan bahwa produk fesyen mendominasi pasar e-commerce sebagai produk yang paling sering dibeli, diikuti oleh gadget seluler, elektronik konsumen, buku dan majalah, dan bahan makanan. Dengan berkembangnya e-commerce, persaingan antar toko online menjadi semakin ketat. Banyak perusahaan perlu menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar yang berubah-ubah. Untuk mendapatkan keunggulan kompetitif, perusahaan harus memahami pentingnya kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas akan membeli produk lagi, membicarakan produk dengan baik kepada orang lain. Terutama di pasar e-commerce jika orang menemukan produk serupa dengan harga lebih rendah dan kualitas lebih tinggi, mereka dapat dengan mudah pindah dan membeli dari pesaing yang lebih gesit. Masalah belanja online lainnya adalah layanan pengiriman yang buruk yang mengakibatkan kedatangan produk terlalu lama atau bahkan rusak. Layanan pengiriman sangat penting dalam e-commerce, karena merupakan tahap terakhir dari proses pemenuhan pesanan dan dari sudut pandang konsumen, yang paling kritis. Pengiriman tepat waktu dan andal harus menjadi prioritas nomor satu dan sangat penting untuk keberhasilan setiap toko online. Penelitian ini mengambil obyek di Transmart Setiabudi Kota Semarang, karena masa pandemi COVID-19 ini meluncurkan layanan pesan antar Transmart Home Dailivery (THD) yang dapat diakses melalui website thd.transretail.co.id ataupun dengan cara scan QR code yang terdapat pada seluruh sosial media Transmart Carrefour. Peluncuran layanan pesan antar ini diharap mampu membantu memenuhi kebutuhan harian masyarakat terutama produk fresh food, namun tetap meminimalisir penyebaran virus corona (Covid-19). Permasalahan yang diangkat penelitian ini adalah bagaimanakah dampak online fresh product delivery service dan pakaging produk dalam upaya meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini sesuai renstra Universitas 17 Agustus 1945 dalam topik tata kelola bisnis perusahaan.
References
Aksar M, Kayani M bilal, Murad A. A Study of Customer Satisfaction and Customer Loyalty in the Restaurant and Hotel Industry of Pakistan. Glob J Emerg Sci [Internet]. 2019;1(2):137–51. Available from: www.gjoes.org.
Al-Dmour A. The international journal of accounting and business society. Int J Account Bus Soc. 2021;26(1):56–89.
Ashaduzzaman M, Mahbub F. Understanding the Role of Packaging Elements on Buying Detergent Powder in Dhaka City: A study on Bangladesh. Asian J Bus Res. 2016;6(1).
Cronin JJ, Taylor SA. Measuring Service Quality: A Reexamination and Extension. J Mark. 1992;56(3):55.
Darsono LI. OYALTY & DISLOYALTY: SEBUAH PANDANGAN KOMPREHENSIF DALAM ANALISA LOYALITAS PELANGGAN Licen. 2004;8(1):163–73.
Deliya MM, Parmar BJ. Role of Packaging on Consumer Buying Behavior–Patan District. Glob J Manag Bus Res. 2012;12(10):49–67.
Downs FS. Handbook of Research Methodology. Dimens Crit Care Nurs. 1990;9(1):60.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt M. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks. Sage. 2017;165.
Kiseleva EM, Nekrasova ML, Mayorova MA, Rudenko MN, Kankhva VS. International Review of Management and Marketing Special Issue on “Management of Systems of Socio-Economic and Legal Relations in Modern Conditions of Development of Education and Society” The Theory and Practice of Customer Loyalty Management and Customer Focus in the Enterprise Activity. Int Rev Manag Mark | [Internet]. 2016;6(S6):95–103. Available from: http:www.econjournals.com
Lau T, Ng D. Online Food Delivery Services : Making Food Delivery the New Normal. J Mark Adv Pract. 2019;1(1):17.
Nurbayti. Tren Pengguna Aplikasi Go-Food di Era Digital (Studi Fenomenologi Pengguna Go-Food di Universitas Amikom Yogyakarta). J Komunikasi, Masy dan Keamanan. 2019;1(1):1–10.
Reddy PVVK, Shankar AU, Ajitha P. Consequences of customer satisfaction in organized food and grocery retailing: An empirical analysis in Andhra Pradesh. Int J Appl Bus Econ Res. 2016;14(14):521–44.
Suciningrum F, Usman O. The Effect of Product Quality, Service Quality, and Product Price on Customer Satisfaction in Shopee. SSRN Electron J. 2021;4(1):1189–99.
Uncles MD, Dowling GR, Hammond K. Customer loyalty and customer loyalty programs. J Consum Mark. 2003;20(4–5):294–316.