PENGARUH FAKTOR EMOSIONAL DAN FAKTOR RASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI PT. BANK SUMUT SYARIAH KCPSY MARELAN RAYA

Authors

  • Devi Ratna Sari Habibie Universitas Potensi Utama
  • Alim Murtani Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.447

Keywords:

Faktor Emosional, Faktor Rasional, Keputusan Nasabah, Tabungan, PT. Bank SUMUT.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor emosional dan rasional terhadap keputusan nasabah menabung di PT. Bank SUMUT Syariah KCPSy Marelan Raya metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif.Metodologi penelitian dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu mengumpulkan data primer yaitu data kuisioner dengan sampel sebanyak 83 orang nasabah dan data sekunder yaitu buku dan jurnal. Hasil penelitian menandakan bahwa Berdasarkan hasil uji SPSS Secara parsial variabel Faktor Emosional berpengaruh positif  signifikan terhadap keputusan nasabah. Secara parsial variabel Faktor Rasional berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah, dengan nilai berpengaruhnya.


References

BUKU:

Kurniawan. (2021). Psikologi Dunia Kerja, Akademia Pustaka, Tulungagung.

Saleh, A. A. (2018). Pengantar Psikolog, Aksara Timur, Makassar.

Goleman, Daniel. Emotional Intelligence, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2015.

Sugiyono. 2007, Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Susyanti, Jeni. Pengelolaan Lembaga Keuangan Syariah, Malang: Empat Dua. 2016

Swastha, B & Handoko, T. H. 1992. Manajemen Pemasaran: analisis perilaku konsumen. Yogya: Liberty

Tharir. (2014). Psikologi Belajar, Edisi Pustaka, Bandar Lampung.

Tewal, B., Pandowo, M. C. H., & Tawas, H. N. (2017). Perilaku organisasi, Patra Media Grafindo, Bandung.

JURNAL:

Amelia, I. S., & Fauzi, A. M. (2021). Pilihan Rasional Masyarakat Lamongan dalam Memilih Bank Syari’ah. MOMENTUM: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 10(1 May), 88-99.

Ernawati, S. (2019). Pengaruh Motivasi Rational dan Motivasi Emotional Terhadap Loyalitas merek Smarphone Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Bima) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). Bima, Indonesia.

Fauzi, M. (2010). Pengaruh Faktor Rasional dan Emosional terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Baitul Mal Wat Tamwil. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam, 1, 65.

Hakim, F. F. (2018). Pengaruh Motif Rasional dan Motif Emosional Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sepak Bola Specs di Keanggotaan Persis Solo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 6(2), 1-20.

Hasibuan, P. S., & Murtani, A. (2020). Persepsi Nasabah Tabungan Mudharabah Terhadap Service Quality (Servqual) PT. Bank Sumut Syariah Kcpsy Marelan Raya. Jurnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 784-793.

Metra, R. Y., Miswardi, M., Dewi, Y. A., & Nasfi, N. (2020). PENGARUH EMOSIONAL, RASIONAL KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH BERTRANSAKSI DENGAN BANK MUAMALAT. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 357-364.

MAK Hutagalung, dkk. (2022). Keuangan Syariah, (Konsep, Prinsip dan Implementasi).

Rafikah, A., & Razak, A. (2022). Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Jurnal Economica Didactica, 3(1), 1-17.

RAHAYU, A. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN NOTEBOOK MEREK ACER (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Zauharudin, J., & Dagustani, D. (2020). Analisis Motivasi Rasional dan Emosional terhadap Pengambilan Keputusan Pemilihan Partai Politik PKB Dapil 4 Kota Bandung melalui Konstruksi Image. Banking and Management Review, 9(1), 1238-1252.

Downloads

Published

2023-02-13

How to Cite

Devi Ratna Sari Habibie, & Alim Murtani. (2023). PENGARUH FAKTOR EMOSIONAL DAN FAKTOR RASIONAL TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI PT. BANK SUMUT SYARIAH KCPSY MARELAN RAYA. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(1), 122–136. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.447