IMPLEMENTASI PRUDENTIAL BANKING PRINCIPLE PADA PT. BANK SUMUT SYARIAH KCP MARELAN RAYA DIMASA PENDEMI COVID-19

Authors

  • Indah Agustina Universitas Potensi Utama
  • Alim Murtani Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.451

Keywords:

implementasi prudential banking, pembiayaan , covid-19

Abstract

Implementasi Prudential banking atau disebut juga dengan prinsip kehati-hatian dilakukan setiap bank dengan maksud dan tujuan untuk meminimalisir terjadinya risiko pembiayaan bermasalah dalam sistem pembiayaan bank yang terjadi dikemudian hari , risiko tersebut biasanya sering kali terjadi akibat dari nasabah maupun pihak bank sendiri yang lalai dalam menerapkan prinsip kehati-hatiannya. Apalagi dimasa pendemi covid-19 yang mengakibatkan sistem perekonomian dihampir seluruh dunia mengalami kemerosotan yang mengakibatkan banyaknya masyarakat khususnya negara kita Indonesia yang juga ikut terdampak dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya untuk memenuhi kebutuhan hidup karena telah diterapkannya sistem social distance oleh pemerintah untuk mengurangi segala aktivitas dan menjaga jarak aman serta menghindari kerumunan agar tidak terjadi penyebaran virus covid-19 . Hal itu juga mengakibatkan banyaknya pekerja yang dirumahkan dan banyak pula para pelaku usaha yang terancam bangkrut dan kehilangan mata pencaharian mereka. Sehingga mengakibatkan sedikit banyaknya nasabah yang kesulitan dalam membayar kewajibannya kepada pihak bank. Fokus penelitian skripsi ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi prudential banking principle yang diterapkan oleh pihak PT. Bank Sumut Syariah KCP Marelan Raya di Masa pendemi covid-19 pada sistem pembiayaannya, khususnya pembiayaan murabahah .

 

 

References

] Abdul Ghofur Anshori, Kapita Selekta Perbankan Syariah di Indonesia, Yogyakarta: UII Press,2008.

Adiwarman Karim, Bank Islam: Analisis Fiqh dan Keuangan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2007.

Andrianto, Manajemen Kredit: Teori dan Konsep Bagi Bank Umum, Pasuruan, Jawa Timur : CV Penerbit Qiara Media,2020.

Nurdin Usman, KonteksImplementasi Berbasis Kurikulum, Jakarta: Grafindo,2002.

Purwanto dan Sulistyastuti, Analisis Kebijakan dan Formulasi ke Implementasi Kebijakan , Jakarta: Bumi Aksara,1991.

E. Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara,2013.

Guntur setiawan, Implementasi dalam Birokrasi pembangunan, Jakarta:Balai Pustaka,2004.

Yunanda Dela dan Tuti Anggraini, Restrukturisasi pembiayaan dimasa pendemi covid-19 pada PT. Bank Sumut Syariah KCP Kisaran, Jurnal Ekonomi, Vol.7 No.1, Mei 2021

Lindryani Sjofjan ,Prinsip Kehati-hatian ( Prudential Banking Principle) dalam pembiayaan syariah sebagai upaya menjaga tingkat kesehatan bank syariah, Jurnal , Vol.1 No.2, Desember 2015.

Rona Wahyu Nuzulla, Penerapan Prinsip Prudential Banking pada Produk pembiayaan berupa akad murabahah ditengah pendemi covid-19 pada kantor pusat BPR syariah Bumi Artha Sampang Kabupaten Cilacap, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,IAIN Purwekerto,2021.

Dina Rasyida, Implementasi prinsip prudential banking dalam pembiayaan murabahah di bank syariah Indonesia(BSI) Ex Bank syariah Mandiri (BSM) Martapura, Jurnal Skripsi, Fakultas Hukum, UIN Martapura, 2021.

Isna Nur Faizah, Implementasi Prinsip Kehati-hatian (Prudential Principle) Dalam Pembiayaan di BMT Tumang Boyolali, Skripsi, Fakultas Syari’ah dan Hukum,UIN Sunan Kalijaga, 2017.

Ari Zulfikri, Ahmad Sobari, dan Syarifah Gustiawati, “Strategi Penyelamatan Pembiayaan Bermasalah Pada Pembiayaan Murabahah Bank BNI Syariah Cabang Bogor”, Jurnal Journal of Islamic Economics and Banking, vol.1, Juli, 2019.

Maman Rachman, Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian (Semarang: IKIP Semarang, 1999.

Miles dan Hubberman, analisis data kualitatif, Jakarta;Penerbit Universitas Indonesia,2012.

Hamidi, Penelitian Kualitatif: Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Penelitian ,Malang: UMM Press, 2008.

Lastuti Abu bakar & Tri Handayani, Implementasi Prinsip Kehati-hatian Melalui Kewajiban Penyusunan dan Pelaksanaan Kebijakan Perkreditan atau Pembiayaan Bank, Fakultas Hukum, Universitas Padjajaran, 2018.

Downloads

Published

2023-02-14

How to Cite

Indah Agustina, & Alim Murtani. (2023). IMPLEMENTASI PRUDENTIAL BANKING PRINCIPLE PADA PT. BANK SUMUT SYARIAH KCP MARELAN RAYA DIMASA PENDEMI COVID-19. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(1), 152–167. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.451