PENGEMBANGAN KEGIATAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK DI KAMPUNG DURI KOTA PARE PARE

Authors

  • Asniar Khumas Psikologi UNM
  • Ainun Mardiah Amran Universitas Negeri Makassar
  • Nur Agnes Devina Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Azisah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56444/perigel.v1i4.266

Keywords:

Literasi membaca, Minat baca, Anak-anak

Abstract

Membaca merupakan suatu tahap terpenting dalam proses pembelajaran bagi anak-anak saat memasuki usia sekolah. Literasi membaca yang dilaksanakan di Kampung Duri Kota Pare pare bertujuan untuk mengetahui peran kegiatan literasi, hambatan dan usaha yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan minat membaca serta membiasakan membaca buku pada anak-anak di Kampung Duri Kota Pare pare. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pendekatan ini diambil dengan tujuan untuk dapat memberikan gambaran secara deskriptif terkait pengembangan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca kepada anak. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak yang berusia 7 – 12 tahun dan sedang menempuh sekolah dasar di Kampung Duri Kota Pare pare. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan setiap pekan. Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi anak-anak di Kampung Duri, yaitu kosa kata meningkat, mengasah kemampuan menulis, meningkatkan keterampilan komunikasi, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.

References

Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Cv Syakir Media Press.

Faisal. (2015). Membangun Sinergi Pemahaman Membaca Dengan Menggunakan

Strategi Pq4r (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, And Review) Di Kelas Vi Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed. 4(1):14-29

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi Mea. In Proceedings Education And Language International Conference, 1(1), 640-647.

Syahidin. (2020). Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(3), 373-380.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding Of Biology Education, 3(1), 26-31.

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237.

Sadli, M., Saadati, A, B. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Vol 6(2).

Sudarsana, U. (2014). Pembinaan Minat Baca. Universitas Terbuka, 1(028.9), 1-49.

Suragangga, N, M, I. (2017). Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa.

Susani, G, R. Menumbuhkan Keterampilan Literasi Baca Tulis Melalui Membaca Ekstensif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.

Prasrihamni, M. ., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.

Downloads

Published

2022-12-16

How to Cite

Asniar Khumas, Ainun Mardiah Amran, Nur Agnes Devina, & Nurul Azisah. (2022). PENGEMBANGAN KEGIATAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK DI KAMPUNG DURI KOTA PARE PARE. Perigel: Jurnal Penyuluhan Masyarakat Indonesia, 1(4), 69–76. https://doi.org/10.56444/perigel.v1i4.266

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.