Korelasi Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Siswa Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i2.711Keywords:
Korelasi, Lingkungan Sekolah, Motivasi, Prestasi, SiswaAbstract
Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Kota Bandung yang dilaksanakan guna mengetahui pengaruh komponen – komponen di lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa jurusan Akuntansi. Metode kuantitatif korelasional menjadi metode yang digunakan pada penelitian yang dilakukan. Pada penelitian ini terdapat populasi yang diikutsertakan yaitu siswa kelas X Akuntansi Lembaga di SMKN 1 Bandung. Dengan populasi penelitian sebanyak 70 orang siswa. Analisis proses yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif koefisien korelasi. Adapun hasil data penelitian disajikan dalam bentuk tabel yang diuji menggunakan koefisiensi korelasi dengan hasil kriteria penafsiran kuat atau erat. Kesimpulan yang dicapai dari proses penelitian menunjukan hasil signifikan korelasi antara lingkungan sekolah terhadap prestasi siswa akuntansi yang hasil perhitungannya memperlihatkan bahwa antara variabel X dan variabel Y memiliki angka korelasi sebesar 0,547 yang menunjukkan adanya korelasi. Hal ini memperlihatkan bahwa hubungan lingkungan sekolah dengan prestasi siswa jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Kota Bandung bersifat kuat atau erat yang menunjukkan variabelnya berada di kriteria antara 0,41-0,61. Hasil penelitian yang dilakukan ini membuktikan bahwa adanya korelasi antara lingkungan sekolah dengan presetasi belajar siswa jurusan Akuntansi kelas X.
References
Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Halawa, F. A., & Fensi, F. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 4(2). https://doi.org/10.30813/jpk.v4i2.2327
Mawardi, A. D. (2019). Peran Lingkungan Sekolah dalam Hubungannya dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Sdn Teluk Dalam 6 Banjarmasin. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 14(1), 51–67. http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/10/3
Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Mimbar, 20(4), 478–492. https://media.neliti.com/media/publications/156226-ID-kontribusi-pendidikan-dalam-meningkatkan.pdf
Nawati, D. Y. (2013). Lingkungan Pendidikan dan Aktivitas Belajar yang Mendukung Prestasi Belajar Siswa (studi di SMA Negeri 1 bawang banjarnegara). 1–105. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2699
Nurdin, & Munzir. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 247–254. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/5266
Rahmawati, D. I. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Krian 2 Sidoarjo pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. 1(2), 108–123.
Sari, D. P. (2016). Hubungan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar pada siswa kelas iv sd negeri gugus wibisono kecamatan jati kabupaten kudus.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Syafitri, B. P., & Suprayitno, I. J. (2019). Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS 2019 ISBN : 2685-5852 Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS 2019. X, 681–687.
Widyaningrum, W. (2017). Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. 1401412347.