Korelasi Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Siswa Akuntansi

Authors

  • Alif Damayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Annisa Maulidina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Friska Valentina Moniaga Universitas Pendidikan Indonesia
  • M. Adnan Armayza Universitas Pendidikan Indonesia
  • Heni Mulyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rama Wijaya Abdul Rozak Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i2.711

Keywords:

Korelasi, Lingkungan Sekolah, Motivasi, Prestasi, Siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Kota Bandung yang dilaksanakan guna mengetahui pengaruh komponen – komponen di lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa jurusan Akuntansi. Metode kuantitatif korelasional menjadi metode yang digunakan pada penelitian yang dilakukan. Pada penelitian ini terdapat populasi yang diikutsertakan yaitu siswa kelas X Akuntansi Lembaga di SMKN 1 Bandung. Dengan populasi penelitian sebanyak 70 orang siswa. Analisis proses yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif koefisien korelasi. Adapun hasil data penelitian disajikan dalam bentuk tabel yang diuji menggunakan koefisiensi korelasi dengan hasil kriteria penafsiran kuat atau erat. Kesimpulan yang dicapai dari proses penelitian menunjukan hasil signifikan korelasi antara lingkungan sekolah terhadap prestasi siswa akuntansi yang hasil perhitungannya memperlihatkan bahwa antara variabel X dan variabel Y memiliki angka korelasi sebesar 0,547  yang menunjukkan adanya korelasi. Hal ini memperlihatkan bahwa hubungan lingkungan sekolah dengan prestasi siswa jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Kota Bandung bersifat kuat atau erat yang menunjukkan variabelnya berada di kriteria antara 0,41-0,61. Hasil penelitian yang dilakukan ini membuktikan bahwa adanya korelasi antara lingkungan sekolah dengan presetasi belajar siswa jurusan Akuntansi kelas X.

Author Biographies

Annisa Maulidina, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Pendidikan Indonesia

Friska Valentina Moniaga, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Pendidikan Indonesia

M. Adnan Armayza, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Pendidikan Indonesia

Heni Mulyani, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Pendidikan Indonesia

Rama Wijaya Abdul Rozak, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Pendidikan Umum, Universitas Pendidikan Indonesia

References

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Halawa, F. A., & Fensi, F. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 4(2). https://doi.org/10.30813/jpk.v4i2.2327

Mawardi, A. D. (2019). Peran Lingkungan Sekolah dalam Hubungannya dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di Sdn Teluk Dalam 6 Banjarmasin. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 14(1), 51–67. http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/10/3

Muhardi. (2004). Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Mimbar, 20(4), 478–492. https://media.neliti.com/media/publications/156226-ID-kontribusi-pendidikan-dalam-meningkatkan.pdf

Nawati, D. Y. (2013). Lingkungan Pendidikan dan Aktivitas Belajar yang Mendukung Prestasi Belajar Siswa (studi di SMA Negeri 1 bawang banjarnegara). 1–105. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2699

Nurdin, & Munzir. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 247–254. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/5266

Rahmawati, D. I. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Krian 2 Sidoarjo pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. 1(2), 108–123.

Sari, D. P. (2016). Hubungan antara lingkungan sekolah dengan hasil belajar pada siswa kelas iv sd negeri gugus wibisono kecamatan jati kabupaten kudus.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Syafitri, B. P., & Suprayitno, I. J. (2019). Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS 2019 ISBN : 2685-5852 Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS 2019. X, 681–687.

Widyaningrum, W. (2017). Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. 1401412347.

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Damayanti, A., Maulidina, A., Moniaga, F. V. ., Armayza, M. A. ., Mulyani, H., & Rozak, R. W. A. (2023). Korelasi Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Siswa Akuntansi. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 66–78. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i2.711

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.