Membangun Pkt-Tyme Corner dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi (Perpustakan Universitas 17 Agustus 1945 Semarang)

Building Pkt-Tyme Corner in Improving Information Services (Library of University August 17, 1945 Semarang)

Authors

  • Arin Luthfiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Ita Rodiah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i1.301

Keywords:

College Libraries, Services, PKT-TYME Corner

Abstract

Kemajuan dan perkembangan merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari. perkembangan bersamaan dengan modernisasi juga berkembang ditengah masyarakat dengan membawa beragam dampak positif dan negative. Begitu pula di bidang perpustakaan, Pustakawan dituntut agar terus beradaptasi dengan kemajuan zaman, semakin berkembangan zaman semakin banyak pula perubahan-perubahan yang terjadi khususnya di Perpustakaan Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. Perpustakaan di suatu lembaga tidak hanya sebatas gedung dan ruang untuk menyimpan koleksi, tetapi dapat berfungsi sebagai pusat rujukan penelitian ataupun riset bagi para pemustakannya. Agar perpustakaan berfungsi sebagai wahana penelitian serta menjadi pusat rujukan penelitian, maka pustakawan beserta pimpinan lembaga perlu berinovasi dengan membangun dan mengembangkan layanan PKT-TYME Corner di lembagannya. Melalui layanan PKT-TYME Corner, fungsi perpustakaan sebagai wahana penelitian menjadi nyata dan peran pustakawan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin strategis dan diperlukan sinergi yang kuat dari beragam pihak untuk mewujudkannya.

References

Andriani, Juznia. 2015. Layanan KID’S Corner di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian. Jurnal Perpustakaan Pertanian, Vol.24, No.1, April 2015 page. 31-37.

Hamidy, Yusuf Dzul Ikram Al dan Heriyanto. 2012. Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa pada Layanan American Corner Di UPT Perpustakaan IAIN Walisongo. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Vol.1, No.1, page. 25-33.

KBBI. 2016. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Di http://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/swadaya.

Library Journal Research. 2015. BRIDGING the LIBRARIAN-FACULTY GAP in

the ACADEMIC LIBRARY [PDF]. LJ_AcademicLibrarySurvey2015.

Moenir, A. S. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nuelong, L. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 2015. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia: Jakarta.

Qalyubi, Syihabuddin. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Adab.

Republik Indonesia. 2007. Undang-Undang No 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. [PDF]. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia

___________.2009. Undang-Undang No 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. [PDF]. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Rosa, Kathy and Tom Storey. 2016. American libraries in 2016: Creating their future by connecting, collaborating and building community. International Federation of Library Associations and Institutions,Vol.42(2)83–84. Diakses melalui https://www.ifla.org/files/assets/hq/publications/ifla-journal/ifla-journal 42-2_2016.pdf pada tanggal 23 November 2022 pukul 14.30 WIB.

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Luthfiyah, A., & Rodiah, I. . (2023). Membangun Pkt-Tyme Corner dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi (Perpustakan Universitas 17 Agustus 1945 Semarang): Building Pkt-Tyme Corner in Improving Information Services (Library of University August 17, 1945 Semarang). Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 16–27. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i1.301