EFEKTIVITAS KELOMPOK BERMAIN DALAM TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI

Authors

  • Fiola Dwi Mulyanto Program Studi Pendidikan Non Formal, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Diva Nur Safitri UNTIRTA
  • Afnidzar Rahma Washifah Program Studi Pendidikan Non Formal, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nadia Lutfiah Program Studi Pendidikan Non Formal, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i4.222

Keywords:

Childhood, Early Childhood Education (PAUD) and the CIPP Method

Abstract

Penelitian ini menjelaskan evaluasi dari program mahasiswa jurusan pendidikan non formal fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa perihal efektivitas kelompok dalam tumbuh kembang anak usia dini. Masa anak-anak merupakan tumbuh kembang awal seorang manusia belajar untuk mendeteksi berbagai jenis fakta di lingkungannya sebagai proses stimulan untuk perkembangan kepribadian, keterampilan psikomotorik, kemampuan kognitif dan keterampilan sosialnya dengan menggunakan program kelompok bermain pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan metode CIPP. Evaluasi ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana pengumpulan, pengolahan dan penyajian data dengan informasi serta kenyataan yang terjadi di lapangan menggunakan metode studi kasus mengenai program kelompok bermain yang diselenggarakan PAUD Al-Ikhlas Banten Girang.

References

Al Etivali, A. U. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2).

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur Cet. V. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

ARIKUNTO, S. & SAFRUDDIN ABDUL JABAR, CEPI. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan karakter anak usia dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 25.

Fadlillah, Muhammad. (2017). Desain Pembelajaran Paud, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media.

Hasan, M. (2011). Pendidikan anak usia dini.

Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi program pembelajaran di PAUD inklusi dengan model Context, Input, Process, and Product (CIPP). INKLUSI (Vol. 5, No.2, pp. 179-194). https://doi.org/10.14421/ijds.050202

Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (Vo. 3, No. 2, pp. 346-355)

Ramelan, H., & Yaswinda, Y. (2022). PENERAPAN MODEL CIPP DALAM EVALUSI PENYEDIAAN LAYANAN PAUD. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (Vol. 6, No. 1, pp. 43-52). https://doi.org/10.24853/yby.v6i1.11018

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini: Teori Dan Praktik Pembelajaran.

Suyadi, & Maulidya, U. (2015). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wahyudin, U., Agustin, M., & Atif, N. F. (2012). Penilaian perkembangan Anak Usia Dini: panduan untuk guru, tutor, fasilitator dan pengelola pendidikan anak usia dini.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Fiola Dwi Mulyanto, Safitri, D. N., Afnidzar Rahma Washifah, & Nadia Lutfiah. (2022). EFEKTIVITAS KELOMPOK BERMAIN DALAM TUMBUH KEMBANG ANAK USIA DINI. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(4), 95–106. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i4.222

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.