Eksplorasi Aktivitas Bermain Anak di Lingkungan Outdoor Sekolah Dasar

Kids Play Activity Exploration within Primary Outdoor School Environment

Authors

  • Elma Mahfuzhoh Universitas Gadjah Mada
  • Syam Rachma Marcillia Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.56444/sarga.v18i1.802

Keywords:

Aktivitas Bermain, Lingkungan Outdoor Sekolah, Behavior Mapping, Perilaku Bermain

Abstract

Kegiatan bermain di sekolah memberikan dampak yang baik pada banyak aspek seperti kesehatan anak melalui aktivitas fisik, aspek kognitif yang membantu anak mengenal lingkungan sekitar, hingga pada aspek sosial melalui komunikasi antar anak dan tenaga pengajar. Elemen lingkungan outdoor sekolah dasar menyediakan ruang yang dapat digunakan anak untuk melakukan eksplorasi berbagai macam permainan, tetapi dengan layout yang dimiliki saat ini oleh sekolah dasar negeri masih terdapat limitasi khususnya pada penyediaan playground. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan ruang outdoor sekolah dasar sebagai ruang bermain anak pada jam istirahat. Penelitian dilakukan di SDN Gondolayu, Yogyakarta melalui metode behavior mapping yang menghasilkan temuan yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan pemanfaatan ruang oleh anak laki-laki dan perempuan serta perbedaan aktivitas bermain oleh anak dalam kelompok usia kelas rendah (kelas 1-3) dengan kelompok usia yang lebih tua (kelas 4-6).

Downloads

Published

16-01-2024

How to Cite

Mahfuzhoh, E., & Syam Rachma Marcillia. (2024). Eksplorasi Aktivitas Bermain Anak di Lingkungan Outdoor Sekolah Dasar: Kids Play Activity Exploration within Primary Outdoor School Environment. SARGA: Journal of Architecture and Urbanism, 18(1), 21–32. https://doi.org/10.56444/sarga.v18i1.802