Peningkatan Kompetensi Guru Agama Katolik dalam Mengajar Online di Masa Pandemi

Authors

  • Fransiskus Janu Hamu STIPAS Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palngkaraya

DOI:

https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v1i2.850

Keywords:

Kompetensi Guru, Mengajar On line, Pandemi Covid 19

Abstract

Artikel pengabdian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru agama Katolik dalam melaksanakan pembelajaran secara online di tengah tantangan yang dihadapi selama pandemi. Pandemi COVID-19 telah mengubah lanskap pendidikan di seluruh dunia, termasuk pendidikan agama. Guru agama Katolik dihadapkan pada tantangan baru dalam mengajar online, yang memerlukan penyesuaian dan pengembangan kompetensi khusus. Hasil pengabdian ini memberikan rekomendasi praktis dan pedagogis bagi guru agama Katolik, lembaga pendidikan Katolik, dan penyelenggara pelatihan guru. Rekomendasi meliputi pelatihan intensif dalam penggunaan teknologi pendidikan, pengembangan keterampilan komunikasi virtual, dan pemanfaatan sumber daya online yang relevan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman tentang peran dan tantangan guru agama Katolik dalam mengajar online di masa pandemi. Dengan meningkatkan kompetensi guru agama Katolik secara efektif, maka dapat memfasilitasi pembelajaran agama yang bermakna dan akapmendukung perkembangan holistik siswa, bahkan dalam situasi pembelajaran jarak jauh.

References

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dkk., M. (2008). Executive Summary “Studi Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Perilaku Guru”. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas Bekerjasama dengan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamu, F. J. (2015). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik. SEPAKAT-Jurnal Pastoral Kateketik, 1(Guru Agama Katolik), 10–15.

Hariprabowo, Y. (2019). Ecclesia In Asia Anugerah Bagi Misi Gereja Asia. Logos: Jurnal Filasafat Dan Teologi, 3(1), 15–30.

Kemdikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Pembelajaran pada Masa Darurat Covid-19. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kode Etik Guru Indonesia, (1998).

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Hamu, F. J. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Agama Katolik dalam Mengajar Online di Masa Pandemi. Jurnal Suara Pengabdian 45, 1(2), 70–82. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v1i2.850