Peningkatan Kompetensi Guru Agama Katolik dalam Mengajar Online di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v1i2.850Keywords:
Kompetensi Guru, Mengajar On line, Pandemi Covid 19Abstract
Artikel pengabdian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru agama Katolik dalam melaksanakan pembelajaran secara online di tengah tantangan yang dihadapi selama pandemi. Pandemi COVID-19 telah mengubah lanskap pendidikan di seluruh dunia, termasuk pendidikan agama. Guru agama Katolik dihadapkan pada tantangan baru dalam mengajar online, yang memerlukan penyesuaian dan pengembangan kompetensi khusus. Hasil pengabdian ini memberikan rekomendasi praktis dan pedagogis bagi guru agama Katolik, lembaga pendidikan Katolik, dan penyelenggara pelatihan guru. Rekomendasi meliputi pelatihan intensif dalam penggunaan teknologi pendidikan, pengembangan keterampilan komunikasi virtual, dan pemanfaatan sumber daya online yang relevan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman tentang peran dan tantangan guru agama Katolik dalam mengajar online di masa pandemi. Dengan meningkatkan kompetensi guru agama Katolik secara efektif, maka dapat memfasilitasi pembelajaran agama yang bermakna dan akapmendukung perkembangan holistik siswa, bahkan dalam situasi pembelajaran jarak jauh.
References
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Dkk., M. (2008). Executive Summary “Studi Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Perilaku Guru”. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas Bekerjasama dengan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Hamu, F. J. (2015). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik. SEPAKAT-Jurnal Pastoral Kateketik, 1(Guru Agama Katolik), 10–15.
Hariprabowo, Y. (2019). Ecclesia In Asia Anugerah Bagi Misi Gereja Asia. Logos: Jurnal Filasafat Dan Teologi, 3(1), 15–30.
Kemdikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Pembelajaran pada Masa Darurat Covid-19. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kode Etik Guru Indonesia, (1998).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Suara Pengabdian 45
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.