Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Menengah Sekarwangi Snack Kelurahan Pudakpayung dari pengaruh Kreativitas, Inovasi Dan Lingkungan Eksternal
DOI:
https://doi.org/10.56444/sa.v13i1.1442Keywords:
Kreativitas, Inovasi, Lingkungan eksternal, Keberhasilan usahaAbstract
Peranan UMKM di Indonesia termasuk salah satu yang terpenting karena UMKM dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang akan mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia. Salah satu upaya peningkatan dan pengembangan UMKM dalam perekonomian nasional dilakukan dengan mendorong intensitas kewirausahaan kepada para pelakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas, inovasi dan lingkungan eksternal terhadap keberhasilan usaha pada UMKM Sekarwangi Snack di Kelurahan Pudakpayung. Penelitian ini merupakan kausalitas studi, dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada seluruh pelaku UMKM Sekarwangi Snack di Desa Pudakpayung dengan total sampel yaitu 51 responden. Sampel yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan metode sensus. Teknik analisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kreativitas berpengaruh positif dan signifikan dengan keberhasilan usaha. Inovasi berpengaruh positif terhadap keberhasilan usaha. Lingkungan eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha.
The role of MSMEs in Indonesia is one of the most important because MSMEs can create jobs which will reduce unemployment in Indonesia. One of the efforts to increase and develop MSMEs in the national economy is to encourage entrepreneurial intensity among the perpetrators. This research aims to determine the influence of creativity, innovation and the external environment on business success at Sekarwangi Snack MSMEs in Pudakpayung Village. This research is a causality study, with data collection carried out by distributing questionnaires to all Sekarwangi Snack MSMEs in Pudakpayung Village with a total sample of 51 respondents. The sample obtained in this research used the census method. Analysis technique using multiple linear regression method. The results of this research show that the creativity variable has a positive and significant effect on business success. Innovation has a positive effect on business success. The external environment has a positive and significant effect on business success.
References
Alkachvi, M. D., & Handayani, T. (2016). Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha (Survey pada Pengusaha Sentra Sangkar Burung Sukahaji Bandung). Africa Education Review, 15(1), 156–179. http://epa.sagepub.com/content/15/2/129.short%0Ahttp://joi.jlc.jst.go.jp/JST.Journalarchive/materia1994/46.171?from=CrossRef
Almaidah, S., & Wagiyem. (2016). LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL SEBAGAI VARIABEL MODERATOR ( Studi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Di Wilayah Surakarta ). Buletin Ekonomi, 14(2), 193–208.
Dwiastanti, A., & Mustapa, G. (2020). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Lingkungan Eksternal dan Strategi Bertahan Umkm dalam Menjaga Keberlangsungan Usaha di Musim Pandemi Covid 19. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 228–240. https://doi.org/10.15294/baej.v1i3.42740
Fibriyani, V., & Mufidah, E. (2018). Pengaruh Faktor Eksternal Dan Internal Terhadap Kinerja Umkm Di Kota Pasuruan. Jurnal Akuntansi, 3(3), 873. https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i3.190
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. In Semarang, Universitas Diponegoro. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, T., & Tanjung, Y. (2017). Pengaruh Sikap Kewirausahaan Dan Proses Inovasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Rumah Batik Komar Di Kota Bandung. JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.34010/jurisma.v7i1.470
Handriani, E. (2011). Pengaruh faktor internal eksternal,. Pengaruh Faktor Internal Eksternal, Entrepreneurial Skill , Strategi Dan Kinerja Terhadap Daya Saing Ukm Di Kabupaten Semarang, 7(5), 47–69.
Jannaah, D. (2019). Miftakhul, Anugrahini, Hadi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan ,…. Jannah, Dkk., 33–48.
Lestari, F. (2013). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan Usaha pada Sentra Industri Rajutan Binong Jati Bandung. Artikel Ilmiah, 14–15.
Martauli, E. D. (2019). Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal terhadap Kinerja Usaha Wanita Wirausaha Kerupuk Udang di Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi. Journal of Integrated Agribusiness, 1(1), 38–51. https://doi.org/10.33019/jia.v1i1.1020
Mochammad Suaidi, Pardiman, E. F. (2021). Pengaruh Inovasi Usaha dan Minat Usaha Terhadap Keberhaslan Usaha (Studi Pada UMKM Food n Beverages di Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 131–143.
Musran Munizu. (2010). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(1), pp.33-41. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/17987
Nurhaliza, S., Asnawi, M., & Nasution, U. H. (2022). Pengaruh Kreativitas Dan Pembinaan Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Umkm Di Kelurahan Nelayan Indah Medan Labuhan. Prosiding Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dharmawangsa, 1(1), 62–71. https://doi.org/10.46576/prosfeb.v1i1.38
P. Julius F. Nagel, A. S. (2018). Faktor Internal dan Eksternal Minat Berwirausaha dan Keberhasilan Usaha pada UMKM di Surabaya. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 15(1), 53–63.
Riyanto, S. . (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Madiun. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(3), 159–168. https://doi.org/10.35794/jmbi.v5i3.21707
Rokhayati, I., & Lestari, H. D. (2016). Faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja UMKM gula kelapa (Studi kasus UMKM gula kelapa di Kabupaten Banyumas). Jurnal Ekonomi, 544–556. https://core.ac.uk/download/pdf/267947573.pdf
Rusmana, M., & Mursalim. (2021). Journal of Accounting, Finance & Management Strategy. Journal of Accounting Finance, 2(1), 1–3.
Sari, Y. (2021). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Bisnis Kuliner Di Kab Oku. Visionist, 10(1), 62. https://doi.org/10.36448/jmv.v10i1.2034
Sukriani, N. (2022). Pengaruh Inovasi Dan Kreatifitas Terhadap Kinerja Usaha Pelaku Umkm Kuliner Di Kota Pekanbaru. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), 64–71. https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i2.998
Susanti, D. A., & Ermawati, N. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Kreativitas Terhadap Keberhasilankewirausahaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) (Studi Kasus Umkm Jenang Kudus) Diah. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(November), 247–262.
Ulhaq, A., Danial, R. D. M., & Z, F. M. (2022). Analisis Perencanaan Strategis Dan Lingkungan Eksternal Terhadap Kinerja Umkm Survey Pada Umkm Makanan Di Kota Sukabumi. Ekonomi & Bisnis, 21(1), 12–19. https://doi.org/10.32722/eb.v21i1.4565
Wiranawata, H. (2019). Pengaruh Inovasi Dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Umkmkuliner Di Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.