HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BERBASIS DARING DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.56444/psgj.v3i1.633Keywords:
Motivasi belajar, Prestasi belajar, pembelajaran daringAbstract
Proses belajar mengajar tidak bisa terlepas dari berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi dan menunjang keberlangsunganya. Salah satu penunjang adalah, adanya motivasi belajar bagi peserta didik yang terstruktur dan terkonstruksi dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan mudah dan menyenangkan. Pada awal tahun 2020 dunia pendidikan dihadapkan pada kehadiran Coronavirus atau biasa disebut COVID-19, sehingga diperlukan inovasi pembelajaran, semua satuan pendidikan mengembangkan berbagai bentuk pembelajaran kreatif melalui daring. Metode ini dikembangkan secara khusus untuk mengelola pembelajaran online,dan mendistribusikan materi kepada peserta didik, dengan sistem ini dosen berada terpisah dengan mahasiswanya. Perubahan metode pembelajaran dari tatap muka ke online (daring), mempengaruhi motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa. Pembelajaran daring menjadi delema bagi dosen dan mahasiswa, salah satu permasalahan pembelajaran daring adalah kemandirian belajar mahasiswa di rumah tidak sepenunya dapat terlaksana dengan baik sehingga motiasi belajar mahasiswa ada kecenderungan menurun., dengan pembelajaran daring ada mahasiswa yang terkendala signal hal ini menyebabkan materi pembelajaran tidak sepenuhnya diterima dengan baik dan prestasi belajar ada kecenderungan menurun.
References
Dimyati, mujiono (2006), psikologi pendidikan, PT Remaja , Bandung
Ishak arep (2004), Manajemen motivasi, Grasindo , Jakarta
Purwanto ( 2010) , Evaluasi Hasil Belajar, PT Remaja Bandung
Siregar , Hartini nara ( 2011), Teori Belajar dan Pembelajaran, Ghalia, Jakarta
Suharsimi ( 2011), Prosedur penelitian, Renika cipta, Jakarta Supriyono (2011), Model-Model Pembelajaran, Gramedia, Jakarta Wahyu, Sumijo ( 2010), Kepempimpinan danMotivasi , Grafina, Jakarta