HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BERBASIS DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Karningsih Karningsih Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/psgj.v3i1.633

Keywords:

Motivasi belajar, Prestasi belajar, pembelajaran daring

Abstract

Proses belajar mengajar tidak bisa terlepas dari berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi dan menunjang keberlangsunganya. Salah satu penunjang adalah, adanya motivasi belajar bagi peserta didik yang terstruktur dan terkonstruksi dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan mudah dan menyenangkan. Pada awal tahun 2020 dunia pendidikan dihadapkan pada kehadiran Coronavirus   atau biasa disebut COVID-19, sehingga diperlukan inovasi pembelajaran, semua satuan pendidikan mengembangkan berbagai bentuk pembelajaran kreatif melalui   daring. Metode ini   dikembangkan secara khusus untuk mengelola pembelajaran online,dan mendistribusikan materi kepada peserta didik, dengan sistem ini dosen berada terpisah dengan mahasiswanya.   Perubahan   metode pembelajaran dari tatap muka   ke online (daring), mempengaruhi motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa. Pembelajaran daring menjadi delema bagi dosen dan mahasiswa, salah satu permasalahan pembelajaran daring adalah kemandirian belajar mahasiswa di rumah tidak sepenunya dapat terlaksana dengan baik sehingga motiasi belajar mahasiswa ada kecenderungan menurun., dengan   pembelajaran daring ada mahasiswa yang  terkendala signal hal ini menyebabkan materi pembelajaran tidak sepenuhnya diterima dengan baik dan prestasi belajar ada kecenderungan menurun.

References

Dimyati, mujiono (2006), psikologi pendidikan, PT Remaja , Bandung

Ishak arep (2004), Manajemen motivasi, Grasindo , Jakarta

Purwanto ( 2010) , Evaluasi Hasil Belajar, PT Remaja Bandung

Siregar , Hartini nara ( 2011), Teori Belajar dan Pembelajaran, Ghalia, Jakarta

Suharsimi ( 2011), Prosedur penelitian, Renika cipta, Jakarta Supriyono (2011), Model-Model Pembelajaran, Gramedia, Jakarta Wahyu, Sumijo ( 2010), Kepempimpinan danMotivasi , Grafina, Jakarta

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

Karningsih Karningsih. (2022). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BERBASIS DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Public Service and Governance Journal, 3(1), 53–66. https://doi.org/10.56444/psgj.v3i1.633

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.