APLIKASI (SI D’nOK), PERAN PEMERINTAH DAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT

Authors

  • Tri Lestari Hadiati Untag Semarang
  • Johan Dwi Saputra Untag Semarang
  • Antin Novitasari Untag Semarang
  • Indah Fajarwati Untag Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/psgj.v2i2.621

Keywords:

aplikasi SI D’nOK, peran Pemerintah, tingkat kepuasan masyarakat, sosialisasi, petugas

Abstract

Di Kota Semarang ditemukan beberapa masalah terkait dengan penggunaan Aplikasi SI D’nOK yaitu aplikasi Sistem Informasi Dokumen Online Kependudukan ( disingkat SI D’nOK)  dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Semarang. Masyarakat sebagai pihak yang menjadi sasaran program ini memiliki peran penting akan keberhasilan aplikasi SI D’nOK, yang di launching sejak  tahun  2018. Namun  pada saat pra  survay  (Oktober 2020),  ditemukan  adanya sebagian masyarakat yang belum mengetahui penggunaan dan adanya aplikasi tersebut, masih banyak yang mengurus surat surat kependudukan dan mendatangi langsung ke kantor Disdukcapil dan kurangnya sosialisasi dari pemerintah Kota Semarang mengenai aplikasi SI D’nOK.

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh aplikasi SI D’nOK terhadap tingkat kepuasan masyarakat (Studi Kasus di Kecamatan Semarang Timur), menganalisis pengaruh peran Pemerintah terhadap tingkat kepuasan masyarakat dan menganalisis pengaruh aplikasi SI D’nOK dan peran Pemerintah terhadap tingkat kepuasan masyarakat Kota Semarang.

Penelitian  kuantitatif  ini  menggunakan  tipe  eksplanatory  untuk  menjelaskan  pengaruh  antar variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi nya adalah masyarakat di lokasi wilayah Kecamatan Semarang  Timur  dan  sampel  sebanyak  67  orang.  Penelitian  ini  menggunakan  teknik  Non Probability Sampling (Random Sample), dengan pengambilan sampel secara random.

Hasilnya bahwa pengaruh Aplikasi Sistem SI D’nOK dan Peran Pemerintah Kecamatan terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang dinyatakan signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesa yang menyatakan : “Ada Pengaruh Aplikasi Sistem SI D’nOK dan Peran Pemerintah Kecamatan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat” dapat dinyatakan diterima.

References

Buku-buku:

Antlov, Hans. Derick W Brinkerhoff, Elke Rapp

(2008). Civil Society Organization & Demokratic Reform: Progrees, Capacities and Challenges in Indonesia, paper presented at 37th Annual Conference, Assosiation for Reseacrh on Nonprofit Organization and Voluntary Action, Philadelphia PA

Batara, Atep Adya. 2003. Dasar–Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Elex Media

Edward, Michael (2000). NGOs Right and Responsibilities, A New Deal for Global Governance, London, the Foregn Policy Center

-------- (2008). Civil Society, Polity Press in association with Blakckwell Publishing Ltd, USA.

F. Richard. Gerson. 2004. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Penerjemah: Hesty Widyaningrum. PPM.

Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hadiati, T. L. (2021). Partisipasi Politik Rakyat Lokal (second edition). Semarang, Pustaka Magister.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12 Jakarta: Erlangga

Narwoko Dwi J dan Bagong Suyanto. 2014. Sosiologi: Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta : Prenadamedia Group.

Moh. Pontoh, Marie. 2014. Peran Pemerintah Kecamatan Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi. Jurnal Ilmu Pemerintahan Fispol . Kab. Boolang : Unsrat

Ndraha, Taliziduhu. 2011. Kybernology (Ilmu Pemerintahan Baru). Jakarta: Rineka Cipta Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2007. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Soekanto, Soerjono. 2002. Teori Peranan. Jakarta: Bumi Aksara

Suharto Abdul Ajid. 2009. Customer Service Dalam Bisnis Jawa Transportasi. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono (2003) Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung

Zeithaml, V.A, M.J Bitner, D.D Gremler. 2013. Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6thed. Boston : Mc. Graw-Hill

Peraturan-peraturan:

UU. No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik

Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil

Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Daring

Website:

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Semarang. 2020. Aplikasi D’nOK. https:// dispendukcapil.semarangkota.go.id (diakses pada 12 September 2020)

Kelas Pintar. 2020. Pengertian Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial.

https://www.kelaspintar.id (diakses pada 12 September 2020 Pusat Penyuluhan Sosial. 2020. Jaga Jarak Fisik. Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia https://puspensos.kemensos.go.id (diakses tanggal 10 September 2020).

Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Menuju Indonesia Unggul (https://setneg.go.id Diakses 14 September 2020).

Downloads

Published

2021-07-22

How to Cite

Tri Lestari Hadiati, Johan Dwi Saputra, Antin Novitasari, & Indah Fajarwati. (2021). APLIKASI (SI D’nOK), PERAN PEMERINTAH DAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT. Public Service and Governance Journal, 2(2), 55–64. https://doi.org/10.56444/psgj.v2i2.621

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.