Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Pendekatan Community Based Education

Authors

  • Rini Werdiningsih UNTAG Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/psgj.v1i1.587

Keywords:

Community Based Education, Mutu Pendidikan

Abstract

Lembaga Pendidikan sebagai sarana yang mampu mengasah dan mengarahkan potensi anak sebagai bekal kehidupan di masyarakat kelak. Persepsi yang terbangun selama ini adalah bahwa tanggungjawab proses pendidikan masih dibebankan pada institusi pendidikan saja. Keterlibatan masyarakat dalam perwujudan dan penyelenggaraan pendidikan seringkali diabaikan. Padahal, dalam hal penyelenggaraan pendidikan, masyarakat memiliki hak dan tanggungjawab untuk menyelenggarakan pendidikan berbasis masyarakat ( Community based education) berdasarkan kekhasan agama, sosial, budaya, aspirasi, dan potensi masyarakat sebagai perwujudan pendidikan dari, oleh dan untuk masyarakat

Fokus penelitian ini adalah mengkaji Peran serta masyarakat dalam pendidikan meliputi peran serta perseorangan, kelompok, keluarga dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu pelayanan pendidikan. Masyarakat dapat berperan serta sebagai sumber, pelaksana, dan pengguna hasil pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang mengacu pada fenomenologis. Penentuan subyek penelitian dipilih berdasarkan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu antara lain partisipasi bentuk sukarela, pengambilan keputusan, pemikiran dan pembiayaan

References

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Oakley, Peter. 1991. Projects with People: The Practice of Participation in Rural Development. Geneva: ILO

Samsul Maarif, et al., 2012, School Culture di Madrasah dan Sekolah, Semarang: IAIN Walisongo

Mikkelsen, Britha. 2011. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya Pemberdayaan: Panduan Bagi Praktisi Lapangan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Rodliyah, Siti. 2013, Partisipasi Masyarakat Dalam Pengambilan Keputusan dan Perencanaan di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Yunita Endra Megiati. Pemberdayaan Komite Sekolah: Kajian Konsep dan Implementasinya Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016 ISSN: 2527-967X Zamroni. 2013. Manajemen Pendidikan: Suatu Usaha Meningkatkan Mutu Sekolah.

Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2020-01-22

How to Cite

Rini Werdiningsih. (2020). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Pendekatan Community Based Education. Public Service and Governance Journal, 1(1), 61–77. https://doi.org/10.56444/psgj.v1i1.587

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.