KAITAN PELAYANAN PRIMA, PROFESSIONALISM DAN BUDAYA KERJA KARYAWAN PADA KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.56444/mia.v19i2.582Keywords:
Pelayanan Prima, Profesionalisme, Budaya Kerja Karyawan, Kepuasan MasyarakatAbstract
Sumber daya manusia memiliki peranan penting dalam memberikan pelayanan, karena tanpa sumber daya manusia suatu kegiatan tidak dapat berjalan dengan baik. Untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat diperlukan berbagai aspek penting, seperti pelayanan prima, profesionalisme dan budaya kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh pelayanan prima, profesionalisme dan budaya kerja secara bersama-sama pada kepuasan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelayanan prima, profesionalisme dan budaya kerja pada kepuasan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto. Jadi dalam penelitian ini tidak menggunakan perlakuan terhadap variabel penelitian tetapi meneliti fakta-fakta yang telah terjadi dan telah dilakukan oleh subjek penelitian.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa pelayanan prima berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kepuasan masyarakat, profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kepuasan masyarakat, budaya kerja berpengaruh positif dan signifikan pada peningkatan kepuasan masyarakat di Kecamatan Candisari Kota Semarang.
References
Barata, Atep Adya. 2003. Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Gramedia. Pustaka.
Fuad Mas'ud, 2004, “Survai Diagnosis Organisasional,” Badan Penerbit. Universitas Diponegoro, Semarang.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis
Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakanke VIII. Semarang: Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Hamalik, Oemar. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung Sinar Baru. Al Gesindo.
Harefa, Andrias. 2004. MembangkitkanEtos Profesionalisme. Jakarta: Gramedia. Pustaka Utama.
Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus- Kasus Pilihan. CAPS.Yogyakarta.
Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.
Irawan, Hadi, 2007. 10 Prinsip Kepuasan Konsumen, PT Elex Media. Komputindo, Jakarta. Sumber
Buku.
Istianto, Bambang. 2011. Manajemen Pemerintahan Dalam Persfektif Pelayanan Publik. Jakarta : Mitra Wacana Media.
Kotler & Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, Agung. 2005, Transformasi Pelayanan Publik, Pembaruan,. Yogyakarta.
Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
Maddy, Khairul. 2009. Hakikat dan Pengertian Pelayanan Prima. Jakarta : Chama. Digit.
Mangkunegara. 2005. Manajemen Sumber daya Manusia. Perusahaan.
Bandung : PTRemaja Rosdakarya. Moenir, 2001, Manajemen Pelayanan Umum, Bumi Aksara, Jakarta. Ndraha, Taliziduhu. 2005. Teori Budaya Organisasi, Cetakan Pertama, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Putra, Fadillah. 2001. Paradigma Kritis dalam Studi Kebijakan Publik Perubahan dan Inovasi Kebijakan Publik dan Ruang Partisipasi Masyarakat dalam Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring Customer Satisfaction: Teknik Mengukur dan. Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Edisi pertama. PT Gramedia.
Rivai, Veithzal, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, dari. Teori ke Praktik, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Robbins, P. Stephen. 2003. Perilaku Organisasi. Edisi Sembilan, Jilid 2. Edisi Bahasa. Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Sedarmayanti.2010.Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi. Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Mandar Maju.
Setiaji. Bambang. 2006, Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif.
Surakart a:Muhammadiyahn University Press.
Siagian, Sondang. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta Bumi. Aksara.
Singgih. 2002. Statistik Multivariat SPSS. Alphabeta, Bandung.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian
Pendidikan:
Pendekata n Kuantitatif, Kualitatif dan R&, Alphabeta, Bandung
Tjahya Supriatna. 2003. Sistem Administrasi Pemerintahan di Daerah, Jakarta: Bumi Aksara.
Perundang-Undangan
Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 14 Tahun 2004 tentang Pembentukan Organisasi danTata Kerja Kecamatan danKelurahan di Kota Semarang.
Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 37 Tahun 2015 tentang Budaya Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara.
Peraturan Walikota Semarang Nomor 90 Tahun 2016 tentangKedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang PelayananPublik.