Reformasi Birokrasi Jalan Di Tempat

Authors

  • Pertiwi UNTAG SEMARANG
  • Suparno UNTAG SEMARANG
  • Sumarmo UNTAG SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.56444/jma.v6i2.492

Keywords:

Pelayanan Publik, Reformasi Birokrasi, Grand Design

Abstract

Ketika Indonesia memasuki reformasi politik, pada tahun 1998, ada tuntutan yang kuat dari pemerintah untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik. Salah satu alasan yang dapat mendukung harapan itu adalah reformasi birokrasi. Namun pergantian kekuasaan di era reformasi tidak dapat memberikan pelayanan publik yang baik sesuai kebutuhan masyarakat. Reformasi birokrasi terkesan berjalan di tempat, Penyebab utamanya adalah perilaku komunikasi pemimpin dalam situasi politik tersebut, terjebak dalam bentuk top down. Dalam pola masyarakat mekanik sulit untuk mengembangkan pelayanan publik yang baik.

References

Kementerian PANRB. Road Map Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik. (2020).

RB, K. permenpan RB RI No 25 tahun 2020 tentang Road Map REformasi Birokarrsi 2020 - 2024. J. Chem. Inf. Model. 53, 1689–1699 (1981).

Prasojo, E. & Kurniawan, T. Reformasi Birokrasi dan Good Governance: Kasus Best Practices dari Sejumlah Daerah di Indonesia. Symp. A Q. J. Mod. Foreign Lit. 1–15 (2008).

Saputra, E. T. & Sufi, W. Penyusunan Perencanaan Reformasi Birokrasi Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2020-2024. 12, 1–16 (2018).

Susanto, E. H. Kelambanan Reformasi Birokrasi dan Pola Komunikasi Lembaga Pemerintah. J. ASPIKOM 1, 109 (2017).

T. Fahrul Gafar1, Santi Octavia2, Zamhasari3, S. Reformasi Birokrasin dan Pembangunan Integritas menuju Wilayah bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Di Indonesia. 1, 2253–2264 (2022).

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Pertiwi, Suparno, & Sumarmo. (2023). Reformasi Birokrasi Jalan Di Tempat. Jurnal Media Administrasi, 6(2), 120–130. https://doi.org/10.56444/jma.v6i2.492