Pengaruh Pendapatan, Pengetahuan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menabungan Emas Di Unit Pegadaian Syariah UIN STS Jambi

Authors

  • Indah Apriani Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nazori Majid Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rohana Rohana Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.523

Keywords:

Income, knowledge, service quality, customer interest and gold savings

Abstract

Gold Savings is a gold balance deposit service that makes it easier for people to invest in gold savings. Gold savings are one type of investment that is in great demand by the public. This study aims to determine whether or not there is an effect of income, knowledge and quality of service on customer interest in saving gold. This research method is quantitative with multiple linear regression analysis as the analysis tool. The population in this study was 336 respondents, the sample was determined using the slovin formula, the sample in this study was 77 respondents and this research was conducted on customers of the Sharia Pawnshop Unit of UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. The results of this study indicate that the results of the F-test of income, knowledge and service quality variables together have a significant effect on customer interest in saving gold, by t-test income does not significantly affect customer interest in saving gold, knowledge has a significant effect on customer interest. saving gold and service quality significantly influence customer interest in saving gold.

 

References

Buku

Abdul Aziz. Manajemen Investasi Syariah. Bandung, 2010.

Abdul Rahman Salah dan Muhbib Abdul Wahab. Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Perspektif Islam). Jakarta: Kencaca, 2004.

Abdullah Zaky Al-Kaaf. Ekonomi dalam Perspektif Islam, 2013.

Al-Qur’an, An-Nisa’ ayat 29, Bandung, 2019.

Al-Quran Terjemahan. Al-Baqarah ayat 283. Bandung, 2019.

Anton M. Moeliono. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1999.

Azuar Juliandi, Irfan, Dan Saprinal Manurung. Dalam Metodologi Penelitian Bisnis Konsep Dan Aplikasi. Medan: Umsu Press, 2014.

Dyah Nirmala Arum Janie. Statistik Deskriptif Dan Analisis Regresi Linier Berganda Dengan Spss. Semarang: Semarang University Press, 2012.

Fandy Tjiptono. Perspekif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

Hamonangan Siallagan. “Teori Akuntansi,” Edisi 1., Hlm. 200. Medan: Lppm Uhn Press, 2020.

Henri Tanjung dan Abrista Devi. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Gramata Publishing, 2013.

Kasmir. Etika Customer service. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Robert Kurniawan. Analisis Regresi Dasar Dan Penerapnnya Dengan R. Pertama. Jakarta: Kencana, 2016.

Rochmat Aldy Purnomo. Dalam Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan Spss, Cetakan 1. Ponorogo: Cv. Wade Group, 2016.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.

Soekidjo Notoadmojo. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Sukestiyarno. Statistika Dasar. Cv Andi Offet, 2011.

Jurnal dan Skripsi

Arfan Radian Wibowo. “Pengaruh Pengetahuan, Pendapatan, Dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Masyarakat Di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Malang).” Jurnal Ilmiah.

Baiq Fitri Arianti. “Pengaruh Pendapatan Dan Perilaku Keuangan Terhadap Literasi Keuangan Melalui Keputusan Berinvestasi Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Akuntansi Vol. 10, no. No. 1, 2020.

Estri Juwanita. “Pengaruh Persepsi Nasabah Mengenai Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Tingkat Suku Bunga Simpanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Bank Dengan Citra Perbankan Sebagai Variabel Moderasi.” Skripsi.2020.

Feti Rukmanasari. “Pengaruh Pengetahuan, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah (Sudi Kasus Pada Pegadaian Syariah Majapahit Semarang).” Skripsi. Semarang: IAIN Salatiga, 2017.

Fikria Hasni, Ikhwan Hamdani, dan Suyud Arif. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah pada Pegadaian Syariah Cabang Bogor Baru.” Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 5, no. No. 2, 2022.

Fitriani Nasir. “Pengaruh Promosi, Pengetahuan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Rahn Pada Kantor PT Pegadaian Syariah Pasar Baru Bantaeng.”. Makassar: STIE Nobel Indonesia, 2019.

Guspia Ningsih, Muhammad Dayyan, dan Nurjanah. “Pengaruh Promosi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Investasi Logam Mulia Di Unit Pegadaian Syariah Langsa Barat.” Jurnal Manajemen Keungan Syariah Vol. 3, no. No. 2, 2019.

Hristo Anditin. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Pegadaian Syariah Batusangkar.” Batusangkar: Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Februari 2019.

Iin Emy Prastiwi dan Muhammad Naufal Zuhdi, “Analysis Of Factors Affecting Interest In Saving In Islamic Bank : Knowledge, Social Environment And Psychological Faktors,” International Journal Of Economics, Business and Accounting Research, vol. 6, no. 2, 2022.

Ilham Suryani. “Pengaruh Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Emas Pada PT Pegadaian Syariah Cabang Budi Medan.” Skripsi. Medan: Universitas Muhammaddiyah Sumatera Utara, 2018.

Iskandar. “Pengaruh Pendapatan Terhadap Pola Pengeluaran Rumah Tangga Miskin Di Kota Langsa.” Jurnal Samudra Ekonomika Vol. 1, no. 2, 2017.

Jefik Zulfikar Hafizd. “Investasi Emas Dalam Perspektif Hukum Islam.” Jurnal Hukum Ekonomi Syaria Vol. 5, no. 2 (2021): Hlm. 97-99.

Juli Dwina Puspita Sari dan Sayyidah Azzafira. “Analisis Pengaruh Pendapatan dan Pengetahuan Terhadap Minat Calon Nasabah Berinvestasi Emas di Pegadaian Syariah.” Jurnal Investasi Islam Vol. 6, no. No. 2, 2021

Lusi Rustiana. “Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menggunakan Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Banjarmasin.” Banjarmasin: Universitas Islam Negeri Antasari, 2021.

Malayu S.P. Hasibuan. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Moena Azizah. “Pengaruh Pendapatan dan Pendidikan Nasabah Terhadap Minat Nasabah Investasi Emas Di BSM Warung Buncit.” Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2016.

Muhammad Deni Putra, Gusti Rahayu Ningsih, dan Frida Amelia. “Analisis Minat Masyarakat Menabung Emas Pada Unit Pegadaian Syariah Selayo Solok.” Jurnal Islamik Banking and Finance Vol. 1, no. 2, 2021

Ni Putu Ria Sasmitha dan A A Ketut Ayuningsasi. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pengrajin Pada Industri Kerajinan Bambu Di Desa Belega Kabupaten Gianyar.” E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol. 6, no. 1, 2017.

Novia Rosyiana, dan Fuad Hasyim. “Analisis Pengaruh Generasi Milenial Dalam Menggunakan Produk Tabungan Emas di Pegadaian Syariah.” Institut Agama Islam Negeri Surakarta Vol. 1, no. No. 2 (2021).

Purwanto. “Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, dan Tingkat Pendapatan terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah.” Boyolali: IAIN Salatiga, 2016.

Ria Agustina. “Minat Masyarakat pada Investasi Emas di Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani Pekanbaru dalam Perspektif Ekonomi Syariah.”, Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 2020.

Rinwantin dan Yanti Pujiastuti. “Determinan Minat Mahasiswa Dalam Melakukan Investasi Syariah.” Journal of Economics and Banking Vol. 2, no. 2, 2019.

Risydatussalma Septyandini. “Pengaruh Pendidikan, Pendapatan dan Motivasi Terhadap Minat Nasabah dalam Berinvestasi Emas di Bank Mandiri KCP Ambarukmo Yogyakarta.” Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2019.

Safryani, Ulfy, Aziz Alfida, dan Triwahyuningtyas Nunuk. “Analisis Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Investasi.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan Vol 8, no. No 3 (2020): 14.

Sinta Ardhillatul Jannah. “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Investasi Logam Mulia PAda Pegadaian Unit Pembantu Syariah Pasar III Muara Enim.” Skripsi. Palembang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang, 2019.

Titiek Asyimah Siregar. “Pengaruh Produk, Promosi Dan Pelayanan Terhadap Minat Masyarakat Untuk Menabung Emas Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Padangsidimpuan.” Padangsidimpuan: IAIN Padangsidimpuan, 2021.

Tri Pangestika dan Ellen Rusliati. “Literasi dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal.” Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol. 12, no. 1 (t.t.): Hlm. 39.

Internet

Diakses 8 September 2022. www.pegadaian.co.id/pegadaian-tabungan-emas.php,.

Bacaini.id. “Pemalsuan Emas di Pegadaian.” Terbongkar Modus Pemalsuan Emas

di Pegadaian Bangkalan (blog), https://bacaini.id/terbongkar-modus-pemalsuan-emas-di-pegadaian-bangkalan/.

Downloads

Published

2023-03-26

How to Cite

Indah Apriani, Nazori Majid, & Rohana Rohana. (2023). Pengaruh Pendapatan, Pengetahuan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menabungan Emas Di Unit Pegadaian Syariah UIN STS Jambi. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(1), 227–243. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.523