Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Loyalitas Konsumen Burger Bangor di Shopeefood Yogyakarta

Authors

  • sukma novita setyaningrum Universitas Widya Mataram
  • Bangun Putra Prasetya Universitas Widya Mataram

DOI:

https://doi.org/10.56444/transformasi.v3i2.1670

Keywords:

Online Shopping, ShoppeeFood, Burger Bangor, Consumers, Review

Abstract

Abstract. Digital transformation has brought about changes in shopping patterns with the advent of online shopping and food ordering. Reviews and ratings have a big impact on consumer preferences, so it is important to pay attention to reviews and ratings in online marketing strategies. This study aims to measure the impact of online consumer reviews and ratings on consumer loyalty to Bangor Burger on ShopeeFood. Through a quantitative approach, the sample was taken using the Non - probability sampling method with a total of 100 respondents. The population studied was consumers who had bought Bangor Burger at ShopeeFood. Data was collected through questionnaires distributed to respondents. Data analysis was carried out using path analysis with IBM SPSS software. The results showed that reviews and ratings have a significant influence on Burger Bangor consumer loyalty at ShopeeFood.

Keywords: Online Shopping, ShoppeeFood, Burger Bangor, Consumers, Review, Rating, Consumer Loyalty.

 

Abstrak. Transformasi digital telah membawa perubahan dalam pola belanja dengan hadirnya belanja online maupun pemesanan makanan. Review dan rating memiliki dampak yang besar pada preferensi konsumen, sehingga penting untuk memperhatikan review dan rating dalam strategi pemasaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dampak review dan rating konsumen secara online terhadap loyalitas konsumen pada Burger Bangor di ShopeeFood. Melalui pendekatan kuantitatif, sampel diambil menggunakan metode Non – probability sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Populasi yang diteliti adalah konsumen yang pernah membeli Burger Bangor di ShopeeFood. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden. Analisis data dilakukan menggunakan path analysis dengan perangkat lunak IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa review dan rating memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen Burger Bangor di ShopeeFood.

 Kata kunci: Belanja Online, ShoppeeFood, Burger Bangor, Konsumen, Review, Rating, Loyalitas Konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Penerbit Muhammad Zaini.

Afifah, A., & Damayanti, S. (2023). PERAN RATING DAN REVIEW TERHADAP MINAT BELI AYAM BAKAR BU EMI DI SHOPEE FOOD. SIMPOSIUM NASIONAL MANAJEMEN DAN BISNIS (SIMANIS) dan Call for Paper, 2, 1145-1153.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15-31.

Ardianti, A. N., & Widiartanto, W. (2019). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee.(Studi pada mahasiswa aktif FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 55-66.

Kamisa, N., Putri, A. D., & Novita, D. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen (Studi kasus: Pengguna Shopee di Bandar Lampung). Journals of Economics and Business, 2(1), 21-29.

Kusumayanti, K., Kamanda, S. V., & Hermansyah, T. (2022). Pengaruh Moderasi Citra Merek Terhadap Hubungan Antara Promosi dan Loyalitas Pada Pelanggan Shopeefood di Batuaji Batam. JURNAL AL-AMAL, 1(1), 39-46.

Meirani, L. (2023). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BURGER BANGOR SEPATAN. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 4, 432-440.

Pangastuti, T. D., Sugiyanto, & Sudaryana, Y. (2023). PENGARUH HARGA DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG BERDAMPAK PADA LOYALITAS KONSUMEN. JURNAL PERKUSI, 3(4), 662-673.

Pasi, L. N. K., & Sudaryanto, B. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Reviews dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Shopee di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(4).

Pradana, B. A. Y., & Ali, H. (2023). Pengaruh Online Customer Rating, Persepsi Harga dan Loyalitas Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(4), 1671-1682.

Putri, D. M. A., & Susanti, A. (2023). The PENGARUH E-SERVICE QUALITY, ONLINE CUSTOMER RATING DAN PRICE CONSCIOUSNESS TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA PENGGUNA SHOPEEFOOD DI KOTA SURAKARTA. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi, 3(1), 23-35.

Sari, H. P., &Pratama, A. M. (2023). Paket Usaha Franchise Burger Bangor, Biaya Kemitraan Mulai Rp 79 Juta. https://money.kompas.com/read/2023/09/05/194000226/paket-usaha-franchise-burger-bangor-biaya-kemitraan-mulai-rp-79-juta. Diakses tanggal 25 April 2024.

Sahir, S.H., (2021). METODOLOGI PENELITIAN BISNIS. KBM INDONESIA.

Seliana, S., Fitriani, L. K., & Rois, T. (2023). ANALISIS PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen, 3(2), 633-674.

Published

2024-06-08

How to Cite

sukma novita setyaningrum, & Putra Prasetya, B. . (2024). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Loyalitas Konsumen Burger Bangor di Shopeefood Yogyakarta. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 3(2), 113–124. https://doi.org/10.56444/transformasi.v3i2.1670

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.