PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Authors

  • Annisa Alfath Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Fara Nur Azizah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73

Keywords:

kompetensi guru, kurikulum merdeka.

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses tranformasi ilmu pengetahuan dari pendidik kepada peserta didik. Guru sebagai garda terdepan dalam menjalankan roda pendidikan memiliki peran yang penting untuk menentukan generasi berkualitas yang berakhlakul karimah. Berdasarkan program yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengenai kurikulum Merdeka belajar memiliki makna bahwa siswa berhak berfikir secara kreatif dalam mencari pengetahuan dari berbagai sumber untuk mewujudkan pembelajaran yang bermutu serta sanggup bersaing dalam arus perkembangan globalisasi. Dalam rangka menyongsong program merdeka belajar, peningkatan mutu pendidikan terus diupayakan dengan adanya pengembangan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif deskriptif dengan metode studi pustaka dan teknik analisis konten (content analysis) untuk menghasilkan data yang relavan.

Downloads

Published

2022-07-18

How to Cite

PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. (2022). Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 42-50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73

Similar Articles

11-16 of 16

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)