Analisis Efektivitas Implementasi Program Paket A di PKBM Insan Madani: Evaluasi Perencanaan, Pelaksanaan, dan Keterkaitan Pembelajaran

Analysis of the Effectiveness of the Package A Program at PKBM Insan Madani: Evaluation of Planning, Implementation, and Learning Linkages

Authors

  • Ahmad Rifai Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Alvin Muntako Jaelani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Zafirah Suci Ramadhani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i2.728

Keywords:

Supervisi, PKBM, Paket A, Monitoring dan Evaluasi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi sebagai pengukuran dan penilaian sejauh mana
PKBM Insan Madani berhasil melaksanakan pembelajaran program paket A. Tujuan dari
penelitian ini yaitu mensupervisi dengan melakukan monitoring dan evaluasi program
paket A PKBM Insan Madani dari segi perencanaan, pelaksanaan ketercapaian
pembelajaran, administrasi dan mencari kekurangan serta memberikan rekomendasi dan
saran untuk menjadi jalan keluar penyelesaian hal tersebut dan menjadikan PKBM Insan
Madani Jauh lebih baik. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif
yang di desain deskriptif sehingga dapat menggambarkan situasi sebenarnya di lapangan.
Pembelajaran di program paket A sudah terbilang cukup baik mulai dari perencanaan
sampai dengan ketercapaian. Masih terdapat kekurangan dari segi prasarana kelas yang
kurang serta best practices yang kurang di perhatikan. Sehingga timbul saran dan
rekomendasi untuk menyelesaikan hal tersebut.

References

Fatimah M, Mardhiyah A, Azizah IN. Pentingnya Supervisi Untuk Pengembangan Staff Di Madrasyah Ibtidaiyah Muhammadiyyah Juwiran Klaten. Mamba’ul ’Ulum. 2021;17(2):19–26.

Abdillah F, Manurung MAP, Hafizah C V, ... Pentingnya Supervisi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. … Pendidik [Internet]. 2022;16(2):55–9. Available from: http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/13717

Ubabuddin U. Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Tugas Dan Peran Guru Dalam Mengajar. Nidhomul Haq J Manaj Pendidik Islam. 2020;5(1):102–18.

Supriadi B. Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam. Indones J Islam Educ Manag. 2019;2(1):1.

Tanjung R, Hanafiah, Arifudin O, Mulyadi D. Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. J Educ Res. 2022;1(1):85–100.

Musyadad VF, Hanafiah, Tanjung R, Arifudin O. Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP. 2022;5:1936–41.

Karyati R. Monitoring Dan Evaluasi Supervisi Akademik Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Binaan Kepengawasan Kota Malang. J Pendidik Hayati [Internet]. 2020;6(3):122–32. Available from: https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/JPH/article/view/1190

Putra LV, Hawa AM, Hanita &, Safitri B. Supervisi Akademik Berbasis Monitoring Dan Evaluasi Bagi Pembinaan Pedagogik Guru. J Ilmu Pendidik [Internet]. 2020;1(2):43–9. Available from: https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/572

Suparno, Asmawati L. Layanan Akademik Dan Kinerja Dosen Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana. J Teknol Pendidik dan Pembelajaran. 2019;(1):88–97.

Nurmalasari D, Munir MM, Widiyono A. Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Terhadap Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. JOTE. 2022;3:337–4.

Lukman AI. Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal. DIKLUS J Pendidik Luar Sekol. 2021;2(1):180–90.

Desmawati L, Suminar T, Budiartati E. PENERAPAN MODEL PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN DI KOTA SEMARANG. Edukasi. 2020;14:1–20.

Nurhayati L, Suprapto S. Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket A Bagi Anak Putus Sekolah di Kabupaten Gorontalo jenjang Sekolah Dasar merupakan hal yang yang bersangkutan , tetapi juga membawa perekonomian meningkatnya jumlah ketrampilan dan keahlian , bahkan lebih pada pe. PUBLIK (Jurnal Ilmu Adm. 2020;9(2):168–75.

Rustan E, Baderia B, Tamrin R. Optimalisasi pembelajaran self-study pada program Paket A di pusat kegiatan belajar masyarakat di masa pandemi. JPPM (Jurnal Pendidik dan Pemberdaya Masyarakat). 2020;7(2):180–9.

Bahri SA, Badawi B, Hasan M, Arifudin O, Fitriana IPAD, Arfah A, et al. Pengantar Penelitian Pendidikan Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. Vol. 1, Pertambangan. 2021. 105–112 p.

Rahayu YN, Arifudin O. PROGRAM LINIER Teori dan Aplikasi. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung; 2020. 1–104 p.

Ananda R. Dr. Rusydi Ananda, M.Pd. 2019. 20 p.

ISKANDAR S. PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI akademik. J Dewantara. 2019;5(1):153–68.

Zulhafizh Z. Peran dan Mutu Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru di Satuan Pendidikan Tingkat Atas. J Kependidikan J Has Penelit dan Kaji Kepustakaan di Bid Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. 2021;7(2):328.

Supriyadi D. Implementasi Best Practice dalam Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Minggu. J Pendidik Agama Kristen. 2021;2(1):94–108.

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Ahmad Rifai, Alvin Muntako Jaelani, & Zafirah Suci Ramadhani. (2023). Analisis Efektivitas Implementasi Program Paket A di PKBM Insan Madani: Evaluasi Perencanaan, Pelaksanaan, dan Keterkaitan Pembelajaran: Analysis of the Effectiveness of the Package A Program at PKBM Insan Madani: Evaluation of Planning, Implementation, and Learning Linkages. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 102–114. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i2.728

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.