Evaluasi Program Menjahit LKP Anita di Kota Serang

Authors

  • Wanda Yusriyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Aliyah Ravena Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i4.216

Keywords:

Program Evaluation, CIPP models, Course and Training Institute

Abstract

Artikel ini merupakan hasil evaluasi yang dilakukan pada program pelatihan menjahit di LKP ANITA Kota Serang dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui, mengukur ataupun menilai: 1) Context program yang meliputi kesesuaian antara kebutuhan peserta didik dengan pelatihan yang disediakan dan tercapai atau tidaknya tujuan LKP ANITA. 2) Input program yang meliputi meliputi komponen peserta didik, instruktur, kurikulum, materi pelatihan, pendanaan, sarana dan prasarana. 3) Process program yang meliputi seluruh kegiatan dan aktivitas peserta didik, instruktur, strategi pembelajaran dan partisipasi peserta didik selama proses pelatihan berlangsung. 4) Product program yang meliputi kesesuian kualitas produk dengan yang diharapkan penyelenggara, dampak dan manfaat yang dirasakan peserta didik setelah mengikuti program tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawncara dan dokumentasi. Informan yang digunakan dianataranya yaitu penyelenggara, instruktur dan peserta didik. Hasil evaluasi menunjukan bahwa context program yang diselenggarakan LKP Anita sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan tujuan antara peserta didik dengan LKP Anita selaras. Input program yang dilakukan LKP ANITA sudah baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Process selama pelatihan menjahit terlaksana dengan baik, lancara dan cukup efisien. Kualitas product, manfaat serta dampak yang dirasakan peserta didik sudah sesuai dengan apa yang diinginkan LKP ANITA dan peserta didik. Kesimpulan evaluasi Context, Input, Process dan product LKP ANITA sudah baik, hanya saja LKP ANITA kurang memaksimalkan sosialisasi program dan penggunaan papan tulis atau proyektor akan lebih membantu peserta didik dalam memahami materi perhitungan. 

References

Sukardi. (2014). Evaluasi Program Kependidikan dan Kepelatihan. Jakarta : Bumi Aksara.

Aryanti, S., Ishaq, I. (2018) ‘Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan’, Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1), 1 – 13. http://dx.doi.org/10.17977/um041v10i1p1%20-%2013.

Istiyani, Utsman. (2020) ‘Evaluasi Program Model CIPP Pada Pelatihan Menjahit Di LKP Kartika Bawen’, Learning Community Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 6 – 13. https://doi.org/10.19184/jlc.v3i2.16810

Maruwe, Duludu, Rahmat. (2020) ‘Evaluasi Program Pelatihan Keterampilan Menjahit LKP Tri Nur’,Jambura Journal of Community Empowerment (JJCE), 1 (1), 50 – 60. https://doi.org/10.37411/jjce.v1i1.66

Ningrum, M. K. (2015) ‘Evaluasi Program Kursus Menjahit Dalam Upaya Pemberdayaan Perempuan di LKP Modes Aniq Sidoarjo’, J+ PLUS UNESA, 4(1)

Septyana, H. (2013) ‘Manajemen Pembelajaran Berbasis Kompetensi Pelatihan Menjahit Di Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) FORTUNA Dukuh Siberuk Desa Siberuk Kabupaten Batang’, Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(2) https://doi.org/10.15294/jnece.v2i2.2265.

Tiyaningsih, Widihastuti. (2018) ‘Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Menjahit Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan Adana Yogyakarta’, Jurnal Pendidikan Teknik Busana.

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi program pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Latifa. (2014). Manfaat hasil belajar keterampilan menjahit tailor sebagai kesiapan magang di tailor. Universitas Pendidikan Indonesia.

Pratiwi, supiyana. (2021) ‘Evaluasi Program Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Menjahit Di Sanggar

Kegiatan Belajar (Skb) Ujung Pandang’, Jurnal Ganec Swara, 15(1), https://doi.org/10.35327/gara.v15i1.194.

Sintawati, Sudjimat. (2014) ‘Evaluasi Program Praktik Industri Mahasiswa Program Studi Tata Busana Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Berdasarkan Model CIPP’, Jurnal Teknologi Dan Kejuruan, 37(1) http://dx.doi.org/10.17977/tk.v37i1.4107.

Sukmawati Tita.(2018) ‘Upaya Lkp Lucky Dalam Meningkatkan Keterampilan Melalui Programkursus Menjahit’, JURNAL COMM-EDU (Community Education Journal), 1(2).

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. LKP ANITA, https://kelembagaan.kemnaker.go.id/home/companies/14cb2ceb-79e9-44ec-87cb-e2d157fec19f/profiles (Diakses November 2022).

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Yusriyah, W., & Ravena, A. (2022). Evaluasi Program Menjahit LKP Anita di Kota Serang. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(4), 55–68. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i4.216

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.