Peran Tutor Dalam Meningkatkan Minat Baca Warga Belajar Program Paket B di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Samarinda

Authors

  • Neni Sofianita Amalia Universitas Mulawarman
  • Saraka M. Ali Universitas Mulawarman
  • Sri Wahyuni Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.56444/soshumdik.v3i2.1632

Keywords:

Tutor, Interest in Reading, Package B

Abstract

This research aims to describe the role of tutors in increasing the reading interest of residents studying the Package B program at the Class II A Correctional Institution in Samarinda. The subject of this research was obtained from the results of data collection in the form of interviews, observation and documentation. This research uses descriptive research methods with a qualitative approach. Data sources in this research include the PKBM chairman, tutors, and students studying at the Class II A Correctional Institution. The research location is on Jl. General Sudirman No. 15, Pasar Pagi Village, Samarinda Kota District. Meanwhile, data analysis techniques in this research use data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. Triangulation was carried out to explain the validity of the data using source interviews and techniques. The results of the research show that: The role of tutors in increasing the reading interest of learning residents in the package B equality education program at the Class II A Correctional Institution for Learning Residents has fulfilled its role as seen from how the role of the teaching staff or tutor carries out its 4 roles, namely as informator, facilitator, motivator , and evaluators.

References

As’ad, K.M. 2022. Analisis Minat Baca Siswa Kelas V(B) Sdn Rorotan 03 Pada Masa Pandemi Covid-19. UIN, hal. 17-22

Depdiknas. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003) Jakarta. Depdiknas. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 20

Fatmala, E. 2021. Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Iv Di Min 1 Buleleng Bali Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Faizal Dwiki Himawan. 2018. “Peran Tutor Dalam Pembelajaran Pelatihan Setir Mobil Di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Sahara Demak”. Skripsi Universitas Negri Semarang (UNNES).

Hente. 2021. Peranan Tutor dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Program Paket C di SPNF-SKB Kasintuvu Kelurahan Talise Kecamatan Palu Timur Kota palu. . Jurnal Kolaboratif Sains, hal. 221.

Mustangin et al. 2021. Analisis pelaksanaan program pendidikan non formal bagi anak jalanan . International journal of community service learning. 5.3

Pakaya. 2020. “Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Warga Belajar Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kedondong Samarinda”. Pendidikan Masyarakat. Universitas Mulawarman. Jurnal Program Studi Pendidikan Masyarakat. Vol 1. No 2.

Qomariah, N.S. 2014. Pelaksanaan Pembelajaran Paket B Di Pkbm Sejahtera Wadas Tridadi Sleman. Skripsi Universitas Negri Yogyakarta, hal. 17-20

Saedin. 2021. “Peran Tutor Kejar Paket C Di Pusat Pembelajaran (PKBM Amanah Ummat) Di Kota Makssar. Pendidikan Luar Sekolah”. Universitas Negeri Makassar. Journal Of Education. Vol 1. No 1. Hlm 8.

Saptadi. 2020. “Peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Peserta Kursus Mengemudi Mobil Roda Empat Di LKP Cendana Samarinda”. Pendidikan Masyarakat. Universitas Mulawarman. Jurnal Program Studi Pendidikan Masyarakat. Vol 1. No 2.

Sardiyanto, A. F. 2017. Hubungan Antara Kinerja Tutor dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Budi Utama Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. J+Plus UNESA, hal. 2-3.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif: Kualitatif dan R&d. Bandung: PT Alfabeta

, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta

, 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Viviana, B.M. 2023. Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Warga Belajar Program Paket C Di Pkbm Annora Kecamatan Ende Utara Kabupaten Ende.Skripsi Universitas As Nusa Cendana, hal. 6-11

Wahidmurni. 2017. “Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif”. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wahyuni, S. et al. 2023. Proses Pelaksanaan Pembelajaran Kesetaraan Paket C Bagi Warga Binaan Lapas Kelas II A Dan Warga Belajar Di Pkbm Mahakam Jaya Samarinda . Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO Vol. 2. No. 1

Widodo et al.2022. Peran tutor dalam pembelajaran virtual pada pendidikan kesetaraan Paket C di SKB Cerme Gersik. 8.3

Yustiani, Gina dkk 2016. Peran Tutor Untuk Meningkatkan Monivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Mandiri. Jurnal Departemen Pendidikan Luar Sekolah FIK Universitas Pendidikan Indonesia

Yustian, G. 2015. Peran Tutor untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Mandiri. Jurnal Pendidikan Non Formal Dan Informal, hal. 3

Published

2024-05-30

How to Cite

Neni Sofianita Amalia, Saraka M. Ali, & Sri Wahyuni. (2024). Peran Tutor Dalam Meningkatkan Minat Baca Warga Belajar Program Paket B di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Samarinda. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(2), 49–58. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v3i2.1632