Pengukuran Peletakan dan Infrastruktur Menggunakan Metode UI Greenmetric (Studi Kasus : Kampus Universitas Amikom Yogyakarta)

Measurement of Laying and Infrastructure Using the UI Greenmetric Method (Case Study: Amikom University Campus Yogyakarta)

Authors

  • Nurizka Fidali Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56444/sarga.v17i1.418

Keywords:

Green Campus, Peletakan dan Infrastruktur, Kampus Amikom

Abstract

Pertambahan ruang beraktivitas dalam sebuah kampus dapat membawa perubahan fungsi lahan, baik dari sawah menjadi kawasan publik dan komersial, yang tentunya membawa dampak baik maupun buruk terhadap lingkungan. Untuk mengurangi permasalahan lingkungan tersebut, implementasi arsitektur hijau dapat diterapkan pada lingkup kawasan kampus, yang disebut dengan Kampus Hijau (Green Campus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji keberadaan salah satu indikator UI GreenMetric, yaitu Peletakan dan Infrastruktur di kampus Universitas Amikom Yogyakarta. Untuk mendapatkan data maka dilakukan observasi, pengukuran, dan wawancara. Data kemudian diolah menggunakan metode scoring. Berdasarkan pengumpulan dan analisis data menghasilkan bahwa kampus Amikom mendapatkan poin sebesar 300 poin. Secara keseluruhan, kekurangan Amikom adalah lahan yang kurang untuk vegetasi hutan, ruang terbuka yang dapat diresapi air.

Downloads

Published

30-01-2023

How to Cite

Nurizka Fidali. (2023). Pengukuran Peletakan dan Infrastruktur Menggunakan Metode UI Greenmetric (Studi Kasus : Kampus Universitas Amikom Yogyakarta): Measurement of Laying and Infrastructure Using the UI Greenmetric Method (Case Study: Amikom University Campus Yogyakarta). SARGA: Journal of Architecture and Urbanism, 17(1), 89–95. https://doi.org/10.56444/sarga.v17i1.418