Perancangan Kawasan Rest Area Tipe A di Ruas Tol Semarang - Tegal

Authors

  • Eko Yusmawan Widodo Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Hetyorini Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • I Wayan Andhika Widiantara Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/sarga.v15i2.152

Keywords:

Perancangan, Kawasan, Jalan Tol, Rest Area

Abstract

Tempat istirahat atau biasa disebut dengan Rest Area adalah suatu tempat dan fasilitas yang disediakan bagi pemakai jalan sehingga baik pengemudi, penumpang maupun kendaraannya dapat beristirahat untuk sementara karena alasan lelah. Di area inilah menjadi satu-satunya tempat untuk berhenti sesaat setelah mengemudi pada jarak jauh dengan kecepatan tinggi. Kawasan Rest Area Tipe A merupakan suatu kawasan yang digunakan sebagai tempat istirahat sementara dengan berbagai fasilitas lengkap yang bisa di perlukan saat berada pada jalur jalan tol. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia yaitu tempat istirahat, tempat makan dan minum, tempat beribadah, tempat pengisian bahan bakar kendaraan dan lain-lain. Mempunyai fungsi fasilitas yang dapat digunakan oleh semua pihak kalangan. Adapun  fungsi  dari  berbagai  kegiatan  dan  fasilitas  yang  di sediakan yaitu fasilitas utama yaitu sebagai tempat istirahat, fasilitas penunjang dan fasilitas servis dimana pengguna dapat menggunakan fasilitas yang ada seperti toilet, tempat ibadah berbagai tempat makan dan minum, taman, bengkel, fasilitas relaksasi, ataupun membeli keperluan selama perjalanan yang ada di pusat oleh-oleh/ minimarket. Fungsi ini menjadikan satu kesatuan dalam menciptakan sebuah Rest Area Tol yang layak dan memiliki fasilitas yang lengkap.Bangunan Kawasan Rest Area Tipe A di ruas Tol Semarang – Tegal  yang  berada  di  Kabupaten  Pekalongan, menggunakan konsep Green Architecture dan Modern Minimalis.

Downloads

Published

30-07-2021

How to Cite

Eko Yusmawan Widodo, Hetyorini, & I Wayan Andhika Widiantara. (2021). Perancangan Kawasan Rest Area Tipe A di Ruas Tol Semarang - Tegal. SARGA: Journal of Architecture and Urbanism, 15(2), 39–50. https://doi.org/10.56444/sarga.v15i2.152

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)