Pelatihan Public Speaking Bagi Konten Kreator di SMAN 15 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v3i3.1771Keywords:
content creator, training, public speaking, social mediaAbstract
Banyaknya platform sosial media menjadikan wadah untuk masyarakat berkarya menjadi seorang konten kreator. Menjadi konten kreator diperlukan public speaking yang baik, agar para penikmat karyanya dapat memahami isi pesan dari konten yang Ia buat. Public speaking merupakan salah satu kemampuan yang penting karena adanya perkembangan teknologi yang memaksa individu untuk dapat bersaing meningkatkan kualitas diri melalui skill berkomunikasinya. Untuk menyampaikan informasi secara jelas, maka diperlukan public speaking atau teknik penyampaian pesan di depan publik. Saat ini banyak anak muda yang menjadi konten kreator, tetapi mereka masih minim edukasi mengenai public speaking yang baik dan benar agar kontennya dapat dilirik oleh masyrakat. Diadakannya pelatihan ini, dapat menambah edukasi mengenai public speaking bagi para konten kreator muda agar lebih memperbaiki cara berbicara mereka saat membuat konten di sosial media.
Keywords: content creator, training, public speaking, social media
Abstrak. Banyaknya platform sosial media menjadikan wadah untuk masyarakat berkarya menjadi seorang konten kreator. Menjadi konten kreator diperlukan public speaking yang baik, agar para penikmat karyanya dapat memahami isi pesan dari konten yang Ia buat. Public speaking merupakan salah satu kemampuan yang penting karena adanya perkembangan teknologi yang memaksa individu untuk dapat bersaing meningkatkan kualitas diri melalui skill berkomunikasinya. Untuk menyampaikan informasi secara jelas, maka diperlukan public speaking atau teknik penyampaian pesan di depan publik. Saat ini banyak anak muda yang menjadi konten kreator, tetapi mereka masih minim edukasi mengenai public speaking yang baik dan benar agar kontennya dapat dilirik oleh masyrakat. Diadakannya pelatihan ini, dapat menambah edukasi mengenai public speaking bagi para konten kreator muda agar lebih memperbaiki cara berbicara mereka saat membuat konten di sosial media.
References
Adzani, N. A., & Harta, I. (2018). Kontribusi Keaktifan, Kemampuan Public Speaking, dan Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK N 9 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Saefullah, S. K. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi Terhadap Karakter Anak. Bdk Jakarta Kementerian Agama RI.
Yulia, I., & Mujtahid, I. M. (2023). Fenomena content creator di kalangan remaja Citayam Fashion Week. Warta Dharmawangsa, 17(2), 678-679
Zainal, A. G. (2022). Public speaking cerdas saat berbicara di depan umum. Kabupaten Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Suara Pengabdian 45

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.