Customer Relationship Dan Kepuasan Pelanggan PUDAM Kabupaten Demak

Authors

  • Endang Swastuti Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Rahmad Purwanto Widyastomo Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Eko Taufik Hidayat Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Tri Widiarto Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/sa.v11i2.645

Keywords:

Kepuasan Pelanggan,Kepercayaan, Penanganan Masalah Dan Customer Relationship

Abstract

Tujuan utama dari pelayanan publik seperti pelayanan PUDAM di Kabupaten Demak adalah memberikan pelayanan untuk kebutuhan umum masyarakat, yang dalam hal ini adalah kebutuhan air minum. Melalui metode penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif menemukan bahwa kepercayaan, penangan masalah dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Konsep customer relationship, kepercayaan dan penanganan masalah memfokuskan pada pengembangan dan pemeliharaan hubungan yang baik dengan pelanggan dengan tujuan untuk memahami dan memenuhi kebutuhan dan preferensi mereka, dan mempertahankan loyalitas mereka. Ini melibatkan identifikasi, evaluasi, dan pengembangan hubungan dengan pelanggan potensial dan saat ini melalui interaksi personal, media digital, dan teknologi. Kontribusi dari konsep ini adalah peningkatan loyalitas pelanggan, peningkatan penjualan, dan peningkatan efisiensi bisnis, sehingga mempercepat proses pertumbuhan bisnis dan mengurangi biaya, peningkatan pengalaman pelanggan serta peningkatan informasi pelanggan dengan membantu perusahaan mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis informasi pelanggan untuk memahami dan memenuhi kebutuhan mereka.

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Cetakan Kesepuluh. Bandung

Alfabeta. Aristyanto, Erwan, Andi Farouq Hasan dan Nanda Aditya Surya. 2019. “Pengaruh Komitmen dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Di Surabaya”. Perisai: Islamic Banking and Finance Journal. Vol. 3. No. 1. Hal. 1 – 18. Lamongan: Jawa Timur. Universitas Islam Lamongan.

Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan II. Januari 2013. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Echdar, Saban. 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Cetakan Pertama. Bogor: Ghalia Indonesia.

Faradilah Meida, Miguna Astuti, dan Heni Nastiti (2022), yang berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Sociolla Di Era Pandemic Covid-19”, Jurnal Ikraith-Ekonomika No 2 Vol 5 Juli 2022, hal 157-

, https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v5i2

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS IBM SPSS 23.

Cetakan Kedelapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, Nembah F. Hartimbul. 2012. Manajemen Pemasaran. Cetakan 2. Bandung

Yrama Widya. Herawati, Nunuk dan Murni Sulistyowati. 2019. “Strategi Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Dengan Optimalisasi Kualitas Pelayanan, Penangan Komplain dan Fasilitas Teknologi Di Bank Mandiri Syariah Cabang Solo”. Jurnal Ekonomi dan Perbankan. Vol. 4. No. 1. Hal. 15 – 26. Surakarta: STIE AUB Surakarta.

Junaidi, Muhamad. 2018. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Memperoleh Loyalitas Pelanggan Perakitan Modul Mikrokontroler Berintegrasi (Industri Dki Jakarta)”. Commerce Jurnal Ilmiah Politeknik Piksi Input Serang. Vol. 6. No. 3. Hal. 210–234. Lampung: STMIK Pringsewu.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Cetakan Keempat. Jakarta: Erlangga.

Kurniyawati, Endah dan Fernaldi Anggadha Ratno. 2020. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Penanganan Keluhan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus BPRS Suriyah Cabang Salatiga)”. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah (Baabu AlIlmi). Vol. 5. No. 2. Hal. 142 – 152. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Lestari, Dara dan Rafika Rahmawati. 2018. “Pengaruh Penerapan Relationship Marketing terhadap Kepuasan Nasabah: Studi pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Bekasi”. Jurnal Maslahah. Vol. 9. No. 1. Hal. 27 – 40. Bekasi: Universitas Islam (UNISMA) Bekasi.

Lovelock, Christopher H., dan Lauren K. Wright. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan III. Jakarta: Indeks.

Martiwi, Rini, Ahmad Ryad dan Eulin Karlina. 2019. “Pengaruh Kualitas Layanan dan

Penanganan Komplain Terhadap Kepuasan Serta Loyalitas Pelanggan Pada Auto 2000 Cabang Ciledug Jakarta”. Jurnal Perspektif. Vol.17. No. 1. Hal. 28 – 38. Jakarta: Universitas Bina Sarana Informatika.

Nardiman. 2017. “Pengaruh Customer Relationship Management dan Customer Value Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah Bank BRI Unit Tiku Cabang Bukittinggi”. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi. Vol. 6. No.

Hal. 251 – 262. Padang: Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Indonesia.

Nurdin, Sahidillah dan Niko Putra. 2019. “Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kepercayaan Pelanggan Dalam Menggunakan Kartu Pascabayar Halo”. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah. Vol. 2. No. 1. Hal. 108 – 114. Jakarta: Universitas BSI.

Oktavelanti, Della, Rizal R. Manullang dan Hariyani. 2017. “Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada CV Sumber Jadi kota Pangkalpinang)”. Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis (JIPMB). Vol. 16. No. 2. Hal. 37 – 48. Bangka Belitung: STIE-IBEK Bangka Belitung.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Buku 1. Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Buku 2. Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.

Sirait, Dodi Putra. 2018. “Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Jurnal Digest Marketing. Vol. 3. No. 1. Hal. 79 – 85.

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Bayumedia Publishing. Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Yosef Evandro Ernantyo, (2022) yang berjudul Pengaruh Implementasi Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang Pada Kafe Kisah Kita Ngopi, K&K Jurnal Manajemen, VOL.1, NO.2, JUNI

, hal 107-127, https://doi.org/10. 32524/kkjm.v1i2%20Juni.740, ISSN 2808-4667

Yuniarti, Nur dan Susi Hendriani. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Word of Mouth Pada PDAM Tirta Indragiri Tembilahan”. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis. Vol. 8. No. 2. Hal. 342-360. Riau: Universitas Riau

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Endang Swastuti, Rahmad Purwanto Widyastomo, Eko Taufik Hidayat, & Tri Widiarto. (2022). Customer Relationship Dan Kepuasan Pelanggan PUDAM Kabupaten Demak. Serat Acitya, 11(2), 01–14. https://doi.org/10.56444/sa.v11i2.645