Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan Dan Kualitas Pelayanan Samsat Online Terhadap Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor(Studi Kasus di UPPD Kota Semarang III)

Authors

  • Ririn Duwi Aryanti Universitas AKI, Semarang
  • Ika Listiyawati Universitas AKI, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56444/yq5kz288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi keamanan, dan kualitas pelayanan samsat online terhadap kepatuhan pembayaran pajak kendaraan bermotor di UPPD Kota Semarang III. Metodologi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat pengguna layanan samsat online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi keamanan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepatuhan pembayaran pajak. Selain itu, kualitas pelayanan samsat online juga berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi yang berarti bagi pengembangan sistem pelayanan pajak yang lebih baik melalui platform digital. Selain itu, penelitian ini juga memberikan masukan bagi kebijakan pemerintah dalam rangka meningkatkan tingkat kepatuhan pajak masyarakat.

Author Biography

  • Ika Listiyawati, Universitas AKI, Semarang

    Program Studi Perpajakan, Fakultas Ekonomika dan Bisnis

    Universitas AKI, Semarang

References

Agung, A., & Tanamal, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Kepuasan, Kualitas Sistem, dan Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Minat Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) Dalam Penggunaan E-Filing. Teknika, 10(2), 128–136. https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.368

Ariani, M., & Biettant, R. (2019). Pengaruh Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Variabel Intervening Kepuasan Wajib Pajak. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, Dan Keuangan Publik, 13(1), 15–30. https://doi.org/10.25105/jipak.v13i1.4950

Davis et al, (1989). (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 127–135.

Effendi, B., Nabila, W., & Ummiyatul Izza, F. (2022). Analisis Persepsi Tentang Tax Education Dan Peran Sikap Religiusitas Terhadap Perilaku Kepatuhan Kewajiban Perpajakan. Jurnal Akuntansi Dan Audit Syariah (JAAiS), 3(2).

Harahap, N. A., & Situngkir, A. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Efektivitas, dan Efisiensi atas Penerapan E-System Administrasi Perpajakan terhadap Kepatuhan WP pada KPP Padang Sidempuan. JAKP: Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Perpajakan, 6(2), 92–101.

Nafi’i, R., & Suryono, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Wajib Pajak, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(5), 1–14.

Sella, Sumarno Manrejo, & Idel Eprianto. (2023). Pengaruh Keamanan Dan Kerahasiaan, Kecepatan, Kompleksitas Dan Kesiapan Teknologi Informasi Terhadap Minat Wpop Dalam Penggunaan E-Filing (Studi di KPP Pratama Cibitung), Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 160–170

Vonk Noordegraaf, C., & Welles, G. W. H. (2023). Product quality. Greenhouse Climate Control: An Integrated Approach, 4(1), 92–97. https://doi.org/10.4324/9780080914947-10

Wulandari, F. (2019). Penggunaan Uang Elektronik ( Studi Pada Pengguna Go-Pay Di Kota Malang ). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2).

Yudhistira, A. (2021). Pengaruh Persepsi Kepercayaan, Keamanan, Manfaat, Dan Risiko Terhadap Minat Penggunaan Shopeepay (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Indonesia). Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.

Downloads

Published

2025-03-13

How to Cite

Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan Dan Kualitas Pelayanan Samsat Online Terhadap Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor(Studi Kasus di UPPD Kota Semarang III). (2025). Serat Acitya, 14(1), 61-71. https://doi.org/10.56444/yq5kz288