STRATEGI INOVASI DAN KREATIVITAS DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Qiara Cake Cupak)

Authors

  • Tiwi Fidya Ningsih Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Rasidah Nasrah Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Arfimasri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.56444/sa.v13i2.2053

Keywords:

Manajemen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui startegi Inovasi  dan Kreativitas  dalam meningkatkan Kepuasan Konsumen . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data primer populasi 35 orang, dengan Accidental sampling, menggunakan sampel sebanak 35 orang aitu warga atau masarakat ang membeli produk kue Qiara Cake Cupak ang mana jumlah populasina tidak bisa ditentukan ang ada hana jumlah rata-rata konsumen dengan 7 konsumen per hari. Teknik analisis regresi berganda linier menunjukkan bahwa variabel Inovasi  dan Kreativitas  berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen .  Koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen Inovasi  dan Kreativitas  memiliki pengaruh sebesar 39,4% sedangkan sisana sebesar 60,6% dipengaruhi oleh variabel lain ang tidak termasuk dalam penelitian. Uji t menunjukkan bahwa Inovasi  tidak berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap variabel dependen Kepuasan Konsumen Sedangkan variabel Kreativitas  berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen. Inovasi dan Kreativitas  secara simultan atau bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap variabel Kepuasan.


Kata kunci : Inovasi, Kreativitas, Kepuasan Konsumen

References

Afriyani, Y., & Muhajirin, M. (2021). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas terhadap Kepuasan Konsumen pada UKM Dina Kelurahan Ntobo. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 79–90. https://doi.org/10.30812/target.v3i1.1175

Aditi, B., & Hermansyur. (2017). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas terhadap Kepuasan Konsumen Pada Umkm Di Kota Medan. Jurnal Manajemen Tools, 7(1), 1–9.

Afriyani, Y., & Muhajirin, M. (2021). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas terhadap Kepuasan Konsumen pada UKM Dina Kelurahan Ntobo. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 79–

Darmawan, I. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Krupuk Bocah Tua Di Hokky Graha Family Surabaya. 01, 1–23.

Devi, S. R. M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Dan Keberlangsungan Usaha Pada Umkm Kota Padang. July, 1–23.

Efan, Vistany Fillayata, M. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung ). Industrial Research Workshop and National Seminar, 7–8, 969–976.

Ernawati, S., & Kurniawati, U. (2020). Pengaruh Kreatifitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Steak House Noodles. Isoquant : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 112. https://doi.org/10.24269/iso.v4i1.399

Fitri, I. K., Nasrah, R., & Irawan, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Knator Wali Nagari Bukik Tandang terhadap Kepuasan Masyarakat d Nagari Bukik Tandang (pp. 7–3).

Hamzah, F., & Ariesta, F. (2022). Pengaruh Kualitas Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kuswini Catering Bandung. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 26–35. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.694

Hasibuan, D., Hasibuan, M. I., & Harahap, J. M. (2021). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Bang Kendik Cafe Rantauprapat. Kapital: Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 1–5. https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/kapital/index

Hayati, U., Nirwana, I., & Nurhayati. (2024). Implementasi Minat Beli Produk Tenun Berdasarkan Perspektif Keterampilan Dan Kualitas Pelayanan. 7(3), 72–78.

Ismunandar, I. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Illo Cake Pattiserie & Bistro Di Kota Bima. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(1), 92–98. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.7

Megawati, A. (2023). Pengaruh Kreativitas, Inovasi Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Keberlangsungan Umkm Kuliner Di Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar. 31–41.

Hutabarat, H. (2021). Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Habitat Coffe Medan skripsi Oleh herlilina hutabarat Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area Medan.

Jean Jr., C. V. L., & Ferinia, R. (2023). Kreativitas Karyawan sebagai Variabel Mediasi antara Motivasi dan Kinerja Karyawan. Jurnal Perspektif, 21(1), 79–89. https://doi.org/10.31294/jp.v21i1.15520

Kaligis, J. N., Putrie, R. A., Nersiwad, Yeni, A., & Munizu, M. (2023). Motivasi Kerja Sebagai Moderasi Kepemimpinan Dan Gaji Terhadap Kepuasan Kerja. 08(01), 1–10.

Khasanah, M., Sriyanti, E., Yeni, A., & Iswadi, U. (2023). The Effect Of Leadership And Work Environment On Employee Performance With Satisfaction As A Moderation Variable. 07(02), 1–6.

Mursalini, W. I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasaan Kerja Karyawan. 1(1), 41–45.

Mursalini, W. I., & Ermalina, L. (2021). Dampak Rekan Kerja Dan Dukungan Sosial Terhadap Kreativitas Karyawan UMKM Di Kota Solok. Jurnal Advanced, 15(2), 22–33.

Mustamu, E. J., & Ngatno, N. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada KFC Srondol. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 689–696. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29650

Nirwana, I. (2022). Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(8), 503–506.

Noviani, L. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Kerajinan Tikar Eceng Gondok ”Liar”). Jurnal Manajemen Danbisnis (Jumanis), 2(1), 2076–2086. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/jmb/article/view/982

Nurjanah, P., & Ikhsan, N. El. (2022). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rocket Chicken Jatirokeh Brebes Jawa Tengah. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(3), 449–460.

Nurul Azizah, L., Sidik, M., & Fauzan Rivano, M. (2022). Literature Review Keunggulan Kompetitif: Pengaruh Inovasi, Kreativitas Dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 264–273. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1.37

Pratama, A. A. (2021). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tasikmalaya. Skripsi.

Putra P, I. B. P., & Kusumadewi, N. M. W. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Niat Pembelian Ulang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 4983. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p10

Putri, Y. A., Yeni, A., & Netty, I. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Penilaian Nasabah Dengan Menggunakan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia (Bri) Cabang Solok. 3(1).

Rianto, M. R., Setyawati, M. R., Rohaeni, N. W., & Woelandari, H. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Provider Telkomsel Pada Generasi Milenial Muslim di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 2159–2166.

Riany, A. I., & Dahmiri, D. (2020). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Wedding Organizer Hastina Puspita Decoration Kota Jambi). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 9(2), 94–104. https://doi.org/10.22437/jmk.v9i2.12038

Rusmana, F. D., Mutiah, R., & Aditya, S. (2023). Dampak Pengetahuan dan Inovasi Bisnis Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah Dalam Perspektif Syariah. 14(2), 395–404.

Safputri, Y. E. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Sistem Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Sawahlunto. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Suhianto, J. R., & Marchyta, N. K. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan, Kesesuaian Harga, dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Wajik Coffee Bojana. Agora, 10(2).

Sukarmen, P., Sularso, A., & Wulandari, D. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening pada Produk Gula Pasir Sebelas (GUPALAS) Pabrik Gula Semboro PTP Nusantara XI (Persero). Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 12(1), 64–79.

Sukriani, N. (2022). Pengaruh Inovasi Dan Kreatifitas Terhadap Kinerja Usaha Pelaku Umkm Kuliner Di Kota Pekanbaru. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), 64–71. https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i2.998

Sulaeman, I. (2022). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Kemajuan Usaha Pada Roemah Brownies Gemirasary Bandung. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 551. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.39322

Suyanto, E. R., & Rahman, M. A. (2021). Umkm Food Court. 3(1), 75–98.

Titioka, S. R., & Titioka, B. M. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Implementasi Kinerja Operasional Industri Roti Di Kota Ambon. Jurnal Maneksi, 10(1), 76–84. https://doi.org/10.31959/jm.v10i1.567

Vitantri, F. R., Saptianing, S.-, & Hermawan, I.-. (2020). The effect of Innovation Products, Lifestyle and Brand Image on Purchase Decision of Datsun Type Cars. JOBS (Jurnal Of Business Studies), 6(2), 135. https://doi.org/10.32497/jobs.v6i2.2540

Waha, K., Kindangen, P., & Wenas, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Inovasi Produk, dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Strabucks Drive Thru Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 52–64. https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.44590

Wihartika, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat Durian Mandiri Di Kota Sawahlunto. Skripsi, 13(1), 104–116.

Yeni, A. (2022). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen. 3471(8).

Yeni, D. H., Yeni, A., & Nasrah, R. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Efektifitas Pelayanan di Dinas Pendidikan Kota Solok (p. 1).

Yulianda, A., & Dewi, K. (2021). Pengaruh Kreativitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Percetakan Nurmediatama Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Journal of Global Business and Management Review, 3(1), 46. https://doi.org/10.37253/jgbmr.v3i1.5150

Yuliza, M., Mursalini, W. I., Almasdi, Yeni, A., & Nelnis. (2022). Pengaruh kualitas produk dan e commerce terhadap kepuasan konsumen pada Azzahra Cake di Kecamatan Kinali. Jurnal Ilmiah Edunomika, 06(02), 1–14. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/5828

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Fidya Ningsih, T., Nasrah, R., & Arfimasri. (2024). STRATEGI INOVASI DAN KREATIVITAS DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Qiara Cake Cupak). Serat Acitya, 13(2), 60–77. https://doi.org/10.56444/sa.v13i2.2053