URGENSI REFORMASI ADMINISTRASI DALAM CITIZEN-CENTRIC, DAN E-GOVERNMENT DI INDONESIA

Authors

  • Karmanis Karmanis University August 17 1945

DOI:

https://doi.org/10.56444/psgj.v3i1.629

Keywords:

Refornasi Administrasi; Citizen-Centric, dan E-Government

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mempengaruhi berbagai lini kehidupan, termasuk perkembangan sistem pemerintahan. Saat ini pemerintah pusat maupun daerah gencar menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana publik, tuntutan terhadap keterbukaan informasi yang menyeluruh, serta layanan publik berbasis internet akan mempengaruhi sistem birokrasi yang akan datang. Pelayanan publik yang selama ini dilakukan dengan beinteraksi secara langsung harus dibatasi bahkan harus beralih kepada pelayanan secara online.  Penelitian ini hendak mengkaji urgensi refornasi administrasi dalam citizen-centric dan e-government di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kwalitatif. Penulis menemukan bahwa penggunaan e-government di Indonesia masih perlu ditingkatkan. Indonesia perlu mengoptimalkan penggunaan model integrasi vertikal dan integrasi horizontal yang menghadirkan network service layanan satu pintu yang membutuhkan transformasi pelayanan publik dari model Old Administration Public menuju New Public Service. Hal ini perlu juga ditunjang dengan adanya reformasi regulasi di bidang Administrasi Publik untuk meningkatkan sinergitas dan harmonisasi antar lembaga pemerintah, agar tidak terjadi tumpang tindih kewenangan dan konflik antar lembaga yang dapat menghambat pemberian layanan kepada masyarakat.

References

Åström, Joachim dkk. 2013. Citizen centric e-participation A trilateral collaboration for democratic innovation Case studies on e-participation policy: Sweden, Estonia and Iceland.

Alomari, M., Woods, P. & Sandhu, K. 2012. Predictors For E Goverment Adoption In Jordan, Development Of An Empirical Evaluation Based On A Citizen–Centric Approach (vol25) Brisbane. Australia: Emerald Group Publishing Limited.

McClure, D. L. 2000. Statement of David L. McClure, U.S. General Accounting Office, before the Subcommittee on Government Management, Information and Technology, Committee on Government Reform, House of Representatives. Available: http://www.gao.gov.

Chakravarti, Bhuden & M. Venugopal. 2008. Citizen Centric Service Delivery Through E Governance Portal. National institute for saint goverment India.

Chen Y.C. dan Daniela Dimitrova. 2008. EGoverment Research: Policy and Managment. Lowa State University.

Djunaedi, Achmad. 2002. Beberapa Pemikiran Penerapan E-Government dalam Pemerintahan Daerah Di Indonesia. Jogjakarta. Seminar FMIPA- UGM

Denhardt, Janet, V., & Denhardt, Robert B. (2003). The New Public Service. Armonk, New York : M.E. Sharpe.

Fang, Zhiyuan. 2002. E-Government in Digital Era : Concept, Practice, and Development. International Journal of The Computer, The Internet and Management, Vol 10, No 2, pp 1-22.

Falih Suaedi dan Bintoro Wardiyanto. 2010. Revitalisasi Administrasi Negara, Reformasi Birokrasi dan E-Governance. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hermana, Budi, & Silfianti, Widya. 2011. Evaluating E-Government Implementation by Local Government : Digital Divide in Internet Based Public Services in Indonesia. International Journal of Business and Social Science, Vol 2, No 3, pp 156-163

Himawan, Hidayatulah. (2012). Implementasi Dan Analisa Regulasi Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Perkembangan E-Government. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), Vol 1, No 4

Indrajit, Richardus Eko, Dudy Rudianto, and Akbar Zainuddin. 2007. Electronic Government in Action Strategi Implementasi di Berbagai Negara.

Jeager, P.T., & Bertot, J.C. 2010. Designing, Implementing, And Evaluating UserCentered And Citizen- Centered E Goverment. (C.G. Reddick, Ed.) Hersey : Information Science Reference.

Jho, Whasun. 2005. Challenges for egovernance: protests from civil society on the protection of privacy in egovernment in Kore. Vol 71(1):151–166 [DOI:10.1177/0020852305051690]

SAGE Publication (London, Thousand Oaks, CA and New Delhi)

Karmanis, 2018, Perkembangan Teori Dan Reformasi Administrasi, Penerbit: CV Inti Wika, Semarang.

Kasemin, Kasiyanto. 2015.Agresi Perkembangan Teknologi Informasi Sebuah Bunga Rampai Hasil Pengakajian dan Pengembangan Penelitian Tentang Perkembangan Teknologi Informasi. PT Fajar Interpratama, Jakarta.

Keskinen, Auli, & Tuoma Kuosa. 2008. Foundation Of Citizen-Oriented EGovernance Models. Newyork: Hershey: Information Science Refernces.

Kitchenham B. A. and Charters S. 2007. Guidelines for Performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering. Version 2.3, EBSE Technical Report, EBSE-2007-01, Keele University

Layne, Karen, & Lee, Jungwoo. 2001. Developing Fully Functional E- Government : A Four Stage Model. Government Information Quarterly, Vol 18, Issue 2, pp 122-136.

Nurhakim, Mochamad Ridwan Satya, 2014. Implementasi E-Government dalam Mewujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Sistem Pemerintahan Modern. Jurnal Ilmu Administrasi STIA LAN Bandung Vol 11 No (3) 2014.

Reitz, J.C. 2006. “E-Goverment” On The American Journal Of Comparative Law. Vol. 54, American Law In The 21st Century: U.S. National Report To The XVII Th International Congress Of Comparative Law (Fall, 2006) Pp 733-754 Published By: American Society Ofcomparative

Silcock, Rachel. 2001. What is E- Government?. Parliamentary Affairs, Vol 54, Issue 1, pp 88-101. https://doi.org/10.1093/pa/54.1.88 United Nations. (2008).

Supriyanto, Eko Eddya. 2016. Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi (IT) Melalui Program Elektronik Goverment dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Jurnal Ilmu Pemerintahan: Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah. Tegal

Ulum, Mochamad Chazienul. 2018. Public Service (Tinjauan Teoritis dan Isu–Isu Startegis Pelayanan Publik), UB Press Malang

UN E-Government Survey 2008: From E- Government to Connected Governance. New York: United Nations Publication

United Nations. 2010. UN E-Government Survey 2010: Leveraging E-Government at a Time of Financial and Economic Crisis. New York: United Nations Publication

United Nations. 2012. UN E-Government Survey 2012: E-Government for The People. New York: United Nations Publication

United Nations. 2014. UN E-Government Survey 2014: E-Government For The Future We Want. New York: United Nations Publication

United Nations. 2016. UN E-Government Survey 2016: E-Government for Sustainable Development. New York: United Nations Publication

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

Karmanis Karmanis. (2022). URGENSI REFORMASI ADMINISTRASI DALAM CITIZEN-CENTRIC, DAN E-GOVERNMENT DI INDONESIA. Public Service and Governance Journal, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.56444/psgj.v3i1.629