Peningkatan Nilai Perusahaan: Peran Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas

Authors

  • Sherla Wijaya Universitas Bandar Lampung
  • Khairudin Khairudin Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.56444/mia.v21i1.1504

Keywords:

leverage, company size, profitability, corporate value

Abstract

This study aims to analyze and obtain evidence regarding the effect of leverage, company size, and probility on corporate value in manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exhange for the 2017-2019 period. In this study, there are 3 independent vaiables tested, namely Debt to Equity (DER), Indikator Size (LN), and Return On Asset (ROA). And there is 1 dependent variable, namely Price to Book Value (PBV). The numbers of sample used are 21 manufacturing companies sub sector consumer goods onthes Indonesia Stock Exchange (IDX), the sampling technique used was purpose sampling. The analysis method used is the panel data regression analysis method using the Fixed Effect Model.the research result prove that leverage has no effect on corporate value, company size has negatif effect on corporate value, and probility has a positif effect on corporate value.

References

Aprillia, Rizka. (2019).Pengaruh Leverage,Ukuran Perusahaan,dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi S1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Bursa Efek Indonesia, www.idx.co.id

Desy Arista dan Astohar, 2012,‘Analisis Faktor – faktor yang Mempengaruhi Return Saham’,Jurnal Manajemen dan Akuntansi Terapan,Vol.3,No.1.

Fahmi, Irham. 2015. Pengantar Manajemen Keuangan Teoridan Soal Jawab. Bandung:Alfabeta.

Gujarati, Damodar N dan Dawn C. Porter. 2015. Dasar – Dasar Ekonometrika Edisi 5 Buku 2.Jakarta:Salemba Empat.

Ida Ayu Putu Oki Yacintya Dewi, Gerianta Wirawan Yasa (2018), Pengaruh Profitabilitas, Free Cash Flow, dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan, E-Jurnal Akuntansi:Vol 23 No 2

Indrarini, Silvia. 2019. Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba (Good Governance dan Kebijakan Perusahaan). Surabaya:Scopindo.

Kurnianto, Eko Adhi, 2011.Pengaruh Corporate Sosial Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empirirs Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2008). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Lisa, Murniati., Rapini, Titi., & Sumarsono, Hadi (2018). Pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social repsonsibility (CSR) sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun2013-2016.

Maryam, Sitti. 2014. Analisis Pengaruh FirmSize, Growth, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi S1 Universitas Hasanuddin, Makasar.

Saputri, R.E. (2019). Pengaruh Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Risiko Bisnis Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2017 (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Fatah).

Sambora, Mareta Nurjin., Handayani, Siti Ragil dan Rahayu, Sri Mangesti. 2014. Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis.Vol.8 No.1Februari2014.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Triyani, W., Mahmudi, B.,dan Rosyid,A.2018.Pengaruh Pertumbuhan Asett terhadap nilai Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Interventing (Studi Empiris Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar Di Burs Efek Indonesia Periode 2007-2016) TirtayasaEkonomika.13(1):107-129.

Utama, A. T., & Rohman, A (2013). Pengaruh Corporate Governance Perception Index, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Saham. Skripsi Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2024-04-22

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.