Pengaruh Brand Ambassador BTS Terhadap Minat Beli Remaja Di Tokopedia

Authors

  • Khalyza Qaedaniesa Wibowo Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Moulia Putri Utami Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56444/jma.v8i1.455

Keywords:

Brand Ambassador, Minat Beli, BTS, Tokopedia.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya keberadaan Korea Selatan wave yang lama sudah singgah di Indonesia. Korea Selatann Wave membawa budayanya juga dengan band-bandnya sala satunya adalah BTS. Tokopedia melihat adanya peluang dari boyband tersebut karena memang jumlah penggemamya yang banyak sekali dan di cap sebagai boyband nomor 1 di dunia. Ketenaran tersebut membuat banyak brand-brand besar tertarik untuk menaik kerjasama untuk menyukseskan penjualan dalam brandnya salah satunya ialah Tokopedia. Pengaruh brand ambassador BTS untuk minat beli remaja menjadi tujuan dari dibuatnya penelitian ini. Dengan menggunakan teori minat beli dari Kotler dan Keller, dengan konse pemasaran berupa brand ambassador dan juga kepercayaan maka penelitian in menghipotesiskan brand ambassador dengan minat beli remaja. Penelitian ini bersifata eksplanatif dengan metode survei. Data dirai melalui kuisioner Google Form kepada 60 respondens menggunakan teknik pengambilan sistematik random sampling. Hipotesis diuji dengan uji regresi linier. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa variabel brand ambassador berengaruh signifikan kepada minat beli remaja di Tokopedia sebesar 3,20%. Hasil persamaan regresi menunjukkan Y = 0.967 +

0,590X. Peningkatan minat beli, terdapat faktor seperti kepercayan terhadap brand ambassador, penawaran yang menarik, harga yang bersaing kekreatifan dalam promosi, dan power (pengaruh).

References

Amelia Andhini. (2017). Pengaruh Transaksi Online Shopping, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E-commerce. Jurnal Ilmu dan Riset Manajement, 6(7).

Annistri, A. (2021, April 5). 14 Brand yang Jadikan BTS Ambassador, Para ARMY Wajib Tahu! Diakses dari https://www.cekaja.com/info/brand-yang-jadikan-bts-sebagai-ambassador

Effendi, S., & Singarimbun, M. (2001). Metode Penelitian Survei. Edisi ketiga. Jakarta. LP3ES.

Kotler dan Keller. (2013). Marketing management. Praha, Ceko: Grada

Mudianto. (2016). Analisis Pengaruh Brand. Milenial Nusantara

Rama Kertamukti. (2013). Strategi Dalam Periklanan. Jakarta, Indonesia: Raka Grafindo Persada.

Rosa Bella, E. (2020, Desember 19). Daftar 50 Boy Group Populer di Korea Selatan Saat ini. Biasmu Posisi Berapa? Diakses dari https://portaljember.pikiran-rakyat.com/hiburan/pr-16658080/daftar-50-boy-grup-paling-populer-di-KoreaSelatan-saat-ini-biasmu-posisi-berapa

Wardoyo, Andini. (2017). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online. Jurnal Manajemen Daya Saing, 19(1),1-10.

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Khalyza Qaedaniesa Wibowo, & Moulia Putri Utami. (2023). Pengaruh Brand Ambassador BTS Terhadap Minat Beli Remaja Di Tokopedia. Jurnal Media Administrasi, 8(1), 13–22. https://doi.org/10.56444/jma.v8i1.455