Bauran Pemasaran Produk Cokelat Cv Rapoviaka Simple Di Kota Palu

Authors

  • Siti Fadilah Faculty of Economics and Business Tadulako University.
  • Harnida Wahyuni Adda Faculty of Economics and Business Tadulako University
  • Muh. Riswandi Palawa Faculty of Economics and Business Tadulako University

DOI:

https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.519

Keywords:

Produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik, pembayaran, dan kemasan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai Marketing Mix (9P) dari CV Rapoviaka Simple di Kota Palu. CV Rapoviaka Simple merupakan salah satu UMKM yang memproduksi cokelat premium, produk cokelatnya telah banyak diminati oleh konsumen. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan wawancara. Hal ini bertujuan untuk mengetahui lebih tepat dari bauran pemasaran yang dilakukan oleh pemilik produk cokelat CV Rapoviaka Simple. Peneliti melakukan observasi, wawancara dan mengumpulkan dokumentasi dari UMKM terkait di lokasi penelitian. Hasil riset menunjukkan bahwa nilai jual produk cokelat CV Rapoviaka Simple ini terletak pada unsur promosi sedangkan promosi pada produk ini masih kurang. Tetapi, produk ini memiliki nilai ataupun indeks kepuasan yang baik dari segi product, price, place, process, people, payment, packaging dan physical evident.

References

Amin Effendy, A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. 4(3).

Arman. (2018, Februari). Penerapan Model 9P Dimensi Bauran Pemasaran Jasa Perbankan (Studi pada BKR di Provinsi Riau). Jurnal Daya Saing, 4, 1-11.

Dwinanda, G., & Nur, Y. (2020). Bauran pemasaran 7P dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada industri retail giant ekspres makassar. Jurnal Mirai Management, 6, 1-17.

Faridl Widhagdha, M., & Ediyono, S. (2022). Case Study Approach in Community Empowerment Research in Indonesia. Indonesian Journal of Social Responsibility Review (IJSRR), 1(1), 71–76.

fitra, N. A., Effendy, & Howara, D. (2017, Agustus). Analisis manajemen persediaan Bahan baku Cokelat pada industri Rapoviaka Simpledi kota Palu. Agrotekbis, 491-500.

Habsari, M. T. (2022). Halal fashion: Strategi pemasaran dengan marketing mix 9P. Journal of Halal Industry Studies , 1-8.

Hermawan, F. T. (n.d.). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada konsumen motor honda di komplek graha indah Bekasi).

Indriati, A., Hidayat, D. D., Darmajana, D. A., & Masrin, I. (2019). Perbaikan aliran proses produksi cokelat bar dengan metode value stream mapping. Jurnal Riset Teknologi Industri.

Kasus, S., Di, R., & Malang, K. (n.d.). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 9P Terhadap Trend Hallyu (Korean Wave) dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Skin care.

Magang, L., Rahmawati, S. A., Bisnis, F., & Ekonomika, D. (2020). Penerapan Bauran Pemasaran Pada CV Mubarokfood Cipta Delicia Kudus Program Studi Manajemen Program Diploma III.

Nabawi, N., & Basuki. (2022, April). kualitas sumber daya manusia dan modal usaha pengaruhnya terhadap pengembangan usaha UMKM. AL – Ulum Ilmu Sosial dan Humaniora, 8, 1-10.

Ningrum, D. P. (2020, September). Bauran pemasaran pada bisnis Chockles Es Cokelat di kota Yogyakarta. Jurnal PIKMA, 3, 1-13.

Putri, H. M. A. (2022). Pemasaran Permen susu dengan pendekatan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) di Kelompok wanita tani Margi Rahayu desa Gunungsari kecamatan Bumiaji kota Batu. Politeknik Pembangunan Pertanian Malang.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami, Ed.; 4th ed.). Alabeta Bandung.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. (I. L. Manuaba, Ed.) Bali: NilaCakra Publishing house.

Tampubolon, J., Mardhatillah, A., & D.A, M. (2019, Oktober). Analisis kualitas dan pemasaran produk makanan kaleng XYZ dengan Baura pemasaran. JURITI PRIMA, 3, 1-5.

UMKM Rapoviaka Simple dan Raja Bawang Palu: Menerapkan SNI Mempunyai Nilai Tambah dan Lebih percaya diri. (2016, Juli Jum'at). Retrieved from Badan Standardisasi Nasional (BSN)

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Siti Fadilah, Harnida Wahyuni Adda, & Muh. Riswandi Palawa. (2023). Bauran Pemasaran Produk Cokelat Cv Rapoviaka Simple Di Kota Palu. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(1), 200–211. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.519