FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS BERTRANSAKSI DI PASAR MODAL SYARIAH

Authors

  • Silvia Nurfajriati Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Anzu Elvia Zahara Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Erwin Saputra Siregar Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.361

Keywords:

Pengetahuan Investasi, Return, Risiko, dan Minat Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pengetahuan investasi, return, dan risiko investasi terhadap minat mahasiswa dalam melakukan aktivitas bertransaksi di pasar modal Syariah. Objek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang telah terdaftar sebagai investor saham di Galeri Investasi Syariah FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda sebagai analisisnya. Sampel pada penilitian ini menggunakan 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan investasi (X1) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap minat investasi (Y). Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 0.348 < 1.966 dan nilai Sig. 0,729 > 0.05. yang artinya Ha ditolak dan Ho diterima, return investasi (X2) menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat investasi (Y)  Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 6.150 > 1.966 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Hal ini disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dan risiko investasi (X3) menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat investasi (Y) Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2.086 > 1.966 dan nilai Sig. 0,040 < 0,05. Hal ini disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil uji F di peroleh nilai Fhitung sebesar 50,249 dan Ftabel sebesar 2,70 (50,249>2,70), dan nilai signifikan 0,000 dimana p<0,05 jadi hasil uji F 0,000<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan  Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Pengetahuan Investasi, Return Investasi dan Risiko Investasi secara simultan secara bersamaan terhadap variabel Minat Investasi.

References

BUKU

Al-Quran Al-Karim, Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Bandung: Al-Quran Al-Qosba, 2021.

Al-Quran Al-Karim. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta Timur: Syarefa Pulishing, 2020.

Adrian Sutendi. Pasar Modal Syariah, Sarana Investai Keuangan Berdasarkan Prinsip Syariah, Cet. 1 Jakarta: Sinar Grafika, 2011

Alwi dan Iskandar. Pasar Modal Teori dan Aplikasi, Edisi Pertama, Jakarta: Yayasan Pancur Siwah, 2013

Andri Soemitra. Pasar Modal Syariah, Jakarta: Prenademeda, 2015.

Azis Musdalifah, Manajemen Investasi: Fundamental, Teknikal, Perilaku Investor Dan Return Saham, Yogyakarta: Deepublish, 2015

Burhanuddin Susanto. Pasar Modal Syariah; Tinjauan Hukum, Yogyakarta: UII Press, 2010.

Buchari Alma, Donni Juni Priansa. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta, 2016.

Buchari, Alma. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta CV, 2016.

Dr. (Cand) Aditya Wardana. Pengantar Ilmu Perekonomian, Investasi dan Keuangan, Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.

Djaali. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Destina Paningrum. Buku Referensi Investasi Pasar Modal Cetakan Pertama, Kediri: Lembaga Chakra Brahmanda Lentera, 2022.

Elizabeth B Hurlock.Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, 2005.

Emma Himayaturrohmah. Model Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Minat, Jakarta Pusat: Litbangdiklat Press, 2022.

Eduardus Tandellin E. Analisis Investasi Dan Mnajemen Fortofolio Edisi Pertama Cetakan Pertama. Yogyakarta: BPFE, 2010.

Eduardus Tandeline. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi Edisi Pertama, Yogyakarta: Kanisius, 2010.

Ernie Trisnawati Sule. Manajemen Bisnis Syariah Ed. Dan Hamdan Wildani, Bandung: PT Rafika Aditama, 2016.

Fahmi Gunawan, Pendidikan. Hukum, Dan Ekonomi Di Sulawesi Tenggara, Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama, 2018.

Herliyanto. Membaca Pemahaman Dengan Strategi KWL Pemahaman Dan Minat Baca, Yogyakarta: Dee Publisher, 2019.

Irwan, Abdalloh. Pasar Modal Syariah. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2020.

Irham Fahmi. Manajemen Risiko Teori,Kasus Dan Solusi, Bandung, Alfabeta, 2018.

Imam Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Semarang: Universitas Diponegoro, 2018.

Imam Ghozali. Desain Penelitian Kuantitatif&Kualitatif Untuk Akuntansi, Bisnis, Dan Ilmu Sosial Lainnya, Semarang: Yoga Pratama, 2020.

Imam Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23, Semarang: UNDIP, 2016.

Jogiyanto Hartono. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi, Yogyakarta BPFE, 2010.

Jogiyanto, Sistem Informasi Keprilakuan, Yogyakarta: Andi Offset, 2007.

Jonathan Sarwono. Statistik Untuk Riset Skripsi, Yogyakarta, CV. Andi Offset, 2018.

Kusumaningtuti S. Soetiono. Cara Cerdas Berinvestasi Di Pasar Modal, Jakarta: kencana, 2016.

Leon G. Schiffman and Leslie Lazar Kanuk. Perilaku Konsumen, Jakarta: Indeks, 2007.

Muhammedi. Psikologi Belajar, Medan: Larisapan Indonesia, 2017.

Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Rosdakarya, 2013.

M.Taufiq Rahman. Filsafat Ilmu Pengetahuan, Bandung: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.

Muhamad. Dasar-dasar Keuangan Islam, Yogyakarta: Ekosina, 2014.

Makmum Khairan. Psikologi, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.

Nur, Kholis, and Dr Amir Mu’allim. Transaksi Dalam Ekonomi Islam. Yokyakarta: Quantum Madani, 2018.

Nuril Huda. Buku Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi pada Riset Pemasaran, Depok: PT Raja Grafindo, 2015.

Philip Kotler, Kevin Keller. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama, 2009.

Philip Kottler. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Indeks Mulia Pustaka, 2016.

Royda, Dwi Riana. Investasi Dan Pasar Modal, Pekalongan, Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management, 2022.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhiny, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2015.

Sukarno Wibowo dan Dedi Supardi. Ekonomi Mikro Islam, Bandung: Cv. Pustaka Setia, 2013.

Syofian Siregar. Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Prenadamedia, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Alfabeta, 2012.

Syahrum Dan Salim. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung, Citapustaka Media, 2012.

Thamrin Abdullah dan Francis Tantri. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Ujang Sumarwan. Riset Pemasaran dan Konsumen, Bogor: IPB Press, 2013.

Wiku Suryomurti. Super Cerdas Investasi. Jakarta: Qultum Media, 2011.

Yudrik, Jahya. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana, 2013.

Zulfikar. Pengantar Pasar Modal Dengan Pendekatan Statistika, Yogyakarta, Deepublish, 2016.

JURNAL

Aminatun Nisa and Luki Zulaika, ‘Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal Minimal Investasi dan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal’, Jurnal PETA 2, no. 2, 2017.

Adha Riyadi. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga’ Program Studi Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2016.

Bella Farissa Oktary, ‘Faktor yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal Melalui Galeri Investasi di Pekanbaru’. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis & Akuntansi,. Jural, Vol 1, 2021.

Dwi Nanda Aryanti, Liharman Saragih, And Wico Jontarudi Tarigan, ‘Analisis Pengetahuan Investasi, Return Dan Risiko Terhadap Minat Berinvestasi Online Di Aplikasi Bibit (Studi Kasus Pada Generasi Millenial)’. Economic Education and Entrepreneurship Journal.Vol. 5 No. 2, 2022.

Haris Nandar, Mustafa Kamal Rokan, M. Ridwan. Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Galeri Investasi Iain Zawiyah Cot Kala Langsa’. Jurnal, Vol 2, 2 Juli-Desember 2018.

Heldi Sahputra, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Swasta Di Kota Bengkulu). Junal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (JAM-EKIS) Vol. 3, No.2, JULI 2020.

Jayengsari, Muthmainnah, and Hernawati, ‘Strategi Pengembangan Pasar Modal Syariah Di Indonesia’. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam Vol. 01 No.02 Juli 2021.

‘Nur Aini, Pengaruh Pengetahuan Dan Pemahaman Investasi, Modal Minimum Investasi, Return, Risiko Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Kota Malang). E-JRA Vol. 08 No. 05 Agustus 2019.

Sufiati Annisa, Ismu Hartarto, Surya Ningsih Damanik, Reni Ria Armayani Hasibuan. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah. Journal, Vol. 1 Nomor 2, 2021.

Sinta Wahyu Hati, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Bagi Generasi Milenial (Studi Pada Mahasisw. Jurusan Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Batam), Journal of Business Administration. Vol 3, No. 2, September 2019.

Saraswati Budi Utami, ‘Melihat Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal Untuk Pengembangan Galeri Investasi (Studi di Universitas Merdeka Madiun)’. JAMER : Jurnal Akuntansi Merdeka, Vol 1, No. 2 1 October 2020.

Theresia Tyas Listyani, Muhammad Rois, And Slamet Prihati, ‘Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Modal Investasi Minimal Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal (Studi Pada Pt Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang)’, Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS) 2, No. 1, 1 May 2019.

A. SUMBER LAINNYA

Galeri Investasi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Wawancara, Dengan Pihak Akademik Dan Kemahasiswaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

‘Wawancara, Dengan Pihak (FAC) Sekuritas, Cabang Jambi, Kel.Simpang IV Sipin, Kec. Telanaipura-Jambi, 7 Januari 2021 Jam 14.00’.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Silvia Nurfajriati, Anzu Elvia Zahara, & Erwin Saputra Siregar. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS BERTRANSAKSI DI PASAR MODAL SYARIAH . Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(1), 20–35. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i1.361