Mengelola Keuangan dengan Bijak dan Cara Beli Jual Saham Lewat Perusahaan Sekuritas
DOI:
https://doi.org/10.56444/perigel.v2i2.750Keywords:
Kelompok Studi Pasar Modal, Instrumen dan Menu IDX, Trading SahamAbstract
Kelompok Studi Pasar Modal Universitas 17 Agustus 1945 Semarang sebagian besar belum menjadi member Bursa Efek Indonesia. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktik transaksi investasi saham di Bursa Efek Indonesia, sehingga diharapkan dapat mahir dalam melakukan trading saham secara online. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan terkait praktik transaksi investasi saham di bursa efek dengan software profit online trading. Hasil yang diperoleh bahwa Kelompok Studi Pasar Modal mampu memahami dan menjelaskan instrumen dan menu IDX. Namun, kurang mahir dalam mengoperasional software profit online trading dikarenakan keterbatasan waktu yang tersedia dan peserta belum menjadi anggota Bursa Efek.
References
Amhalmad, I., & Irianto, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 2(4), 734. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7851
Fundrika, B. A., & Varwati, L. (2021). Minat Investasi Milenial Meningkat, Tapi Banyak Tak Paham Finansial.
Hamonangan, Y. E., & Wisuda, H. P. (2022). Pemahaman Investasi pada Generasi Milenial di Indonesia. Jurnal Ilman, 10(2), 29–40.
Husnan, S. (2015). Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas (Kelima). UPP STIM YKPN,Yogyakarta.
KSEI. (2022). Statistik Pasar Modal Indonesia. www.ksei.co.id
Malik, A. (2021). Jumlah Investor Reksadana dan SBN Hingga Mei 2021 Terus Melesat, Ini Datanya.
Nur, J. shaid. (2022). Instrumen Pasar Modal: Pengertian, Jenis, dan Lembaga Penunjangnya. Kompas.Com.
Pajar, R. C., & Pustikaningsih, A. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa Fe Uny. Profita, 1(2), 1– 16.